44 Pendaki dari 2 Basecamp Selamat dari Kebakaran Gunung Sumbing

- 2 September 2023, 12:09 WIB
Pemandangan Puncak Gunung Sumbing via Kaliangkrik, Magelang.
Pemandangan Puncak Gunung Sumbing via Kaliangkrik, Magelang. /Brave/Bacpackerjakarta / instagram

BANJARNEGARAKU.COM - Kebakaran yang meluas di punggung Gunung Sumbing terjadi pada Jumat 1 September 2023. Kejadian yang diketahui Basecamp Lamuk di Kalikajar Wonosobo pada 17.30 WIB. Dari Basecamp Lamuk dan Basecamp Reco terdaftar 44 pendaki sedang ada di Gunung Sumbing yang terbakar. 

Pihak Basecamp dan BPBD Wonosobo langsung naik melakukan evakuasi dan pemadaman api. Pihak BPBD Wonosobo yang dihubungi Banjarnegaraku.com, memastikan 44 orang pendaki Gunung Sumbing yang terdaftar dipastikan selamat. 

"Untuk korban jiwa tidak ada. Pendaki-pendaki sudah kami turunkan (dari Gunung Sumbing) semalam," ujar Mondleng mewakili BPBD Wonosobo. 

Baca Juga: Bisa Ditiru, Sekolah di Banjarnegara P5 Bank Sampah Bikin Bersih Ruang Guru

Ada 37 pendaki terdaftar via Basecamp Reco dan 7 pendaki terdaftar via Basecamp Lamuk. Sedangkan untuk pendaki via Basecamp lain belum diperoleh informasi. 

Kondisi kebakaran Gunung Sumbing pagi ini

BPBD Wonosobo bergabung dengan tim gabungan akan berkumpul dan berkoordinasi untuk penanganan lebih lanjut. Tim gabungan ini pada pukul 08.30 WIB berkumpul di Banyumudal, kecamatan Sapuran, Wonosobo. 

Pihak BPBD mengatakan tidak terlihat kondisi dari bawah karena Gunung masih tertutup awan. "Kebakaran saat ini dari bawah tidak terpantau karena masih tertutup awan, ujar Mondleng yang juga koordinator tim BPBD. 

Sementara informasi dari Perhutani, titik-titik api masih menyala di wilayah barat. Sedangkan dari citra satelit dideteksi peningkatan titik api yang cukup signifikan. Perhutani, BPBD dan TNI/Polri bekerjasama untuk memetakan seberapa luas dampak kebakaran. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: BPBD Wonosobo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x