Kompetisi Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari 2023, Kembali Digelar KKP di Tahun Ketiga

- 3 Oktober 2023, 23:20 WIB
Kompetisi Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari 2023, Kembali Digelar KKP di Tahun Ketiga
Kompetisi Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari 2023, Kembali Digelar KKP di Tahun Ketiga /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Dalam rangka rangkaian kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan 2023, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menggelar Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB). Kompetisi karya jurnalistik tersebut ditujukan bagi para jurnalis media online, televisi, foto, dan cetak. Pengumpulan karya sudah dapat dilakukan mulai saat ini hingga 10 Desember 2023.

"Tahun ini menjadi tahun ketiga KKP menggelar AJSB. Temanya mengarah pada lima program ekonomi biru KKP," ungkap Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Tugas Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto dalam siaran resmi KKP di Jakarta.

Baca Juga: Update Sore Asian Games 19: Hore! 2 Medali Emas pada 3 Oktober 2023

Di tahun ketiga ini ada lima tema yang diusung meliputi Perikanan Tangkap Terukur dengan subtema kampung nelayan maju, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pascaproduksi, sarana dan prasarana pendukung PIT, dan peran nelayan kecil dalam mewujudkan transformasi perikanan tangkap.

Selanjutnya, Penambahan Kawasan Konservasi yang terdiri dari subtema pengelolaan kawasan konservasi berbasis komunitas, pengawasan dan pemanfaatan kawasan konservasi, serta ketahanan ekosistem dalam perubahan iklim. Kemudian, tema Pengembangan Budi Daya. Sub-temanya meliputi budi daya berbasis kawasan, kampung budi daya, peluang usaha budi daya, inovasi di sektor perikanan budi daya, serta program Smart Fisheries Village (SFV).

Tema keempat yakni Pengawasan dan Pengendalian Kawasan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil. Subtemanya mencakup pengelolaan ruang laut, ketahanan dan pengelolaan pesisir serta pulau-pulau kecil, pengelolaan hasil sedimentasi di laut, pengawasan sumberdaya kelautan, serta masyarakat hukum adat pelestarian ekosistem laut.

Baca Juga: Liga Inggris: Chelsea Kalahkan Fulham 0-2

Terakhir tema yang berkaitan dengan pembersihan sampah plastik di laut. Sub tema yang diusung yakni permasalahan sampah laut, industri kreatif pemanfaatan sampah, aksi atau gerakan partisipatif masyarakat, hingga sosok inspiratif di bidang sampah.

Kompetisi Terbuka untuk Jurnalis Pusat dan Daerah

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: KKP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x