Perang Dunia Ketiga Telah Dimulai dan Lihat Penampakannya, Ini Hasil Analisisinya....

- 12 November 2023, 21:41 WIB
Seorang anak melihat sebuah rumah yang terkena roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza.  Perang Dunia Ketiga Telah Dimulai dan Lihat Penampakannya, Ini Hasil Analisisinya....
Seorang anak melihat sebuah rumah yang terkena roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza. Perang Dunia Ketiga Telah Dimulai dan Lihat Penampakannya, Ini Hasil Analisisinya.... /REUTERS/Ronen Zvulun/REUTERS

BANJARNEGARAKU.COM - Saat ini beredar kabar bahwa ada klise jurnalistik bahwa Perang Dunia Ketiga sedang berlangsung sering kali beredar dari satu publikasi atau lainnya selama beberapa dekade. Hal tersebut disampaikan oleh Fyodor Lukyanov, Ketua Presidium Dewan Kebijakan Luar Negeri dan Pertahanan dan Direktur Penelitian Klub Diskusi Internasional Valdai.

Ada dalam analisisnya yang diterbitkan di Russia Today, dia mengatakan bahwa memang benar, sejak awal abad ke-21, ketika Amerika diserang pada 11 September 2001, benturan peradaban banyak dibicarakan orang sebagai bentuk baru konflik global.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mie Ayam di Banjarnegara dengan Rasa yang Enak mBanget

Dilansir banjarnegaraku.com dari Pikiranrakyat.com pada 12 November 2023, Analisis: Perang Dunia Ketiga Telah Dimulai dan Melihat Penampakannya.

Fyodor Lukyanov melanjutkan, bahwa ada pernyataan "perang melawan teror" yang dicanangkan Washington terhenti di Timur Tengah sebelum akhirnya hilang sama sekali dalam agenda.

Namun sebaliknya, persaingan "lama" antara negara-negara besar perlahan-lahan bangkit kembali, pertama dalam bidang politik, propaganda, dan ekonomi, akan tetapi dengan unsur militer dan kekuatan yang semakin menonjol.

Baca Juga: Contoh Soal PAS IPAS Kelas 5 SD MI Semester 1 dan Jawabannya

Dari pernyataan ini disertai dengan peringatan akan risiko World War III dalam pengertian klasik abad lalu. Tetapi, pertimbangan tersebut masih bersifat nosional.

Karena hingga kini, gagasan tentang "Perang Dunia III" sudah bisa dipahami. Kendati begitu, situasi serupa dengan Perang Dunia I dan II tampaknya tidak dapat diterima pada akhir kuartal abad ke-21, meskipun beberapa kritikus melihat ciri serupa dalam konflik bersenjata di Ukraina. Tapi, secara struktural, keadaanya sangat berbeda.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pikiranrakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah