Pengamat Nilai Prabowo Berpotensi Kehilangan Dukungan dari Kalangan Terdidik, Ini Alasannya

- 15 Desember 2023, 08:40 WIB
Prabowo Subianto di Debat Capres Pertama
Prabowo Subianto di Debat Capres Pertama /Dok: Fanpage/Prabowo Subianto/

BANJARNEGARAKU.COM - Dalam debat perdana Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024, Prabowo Subianto, calon nomor urut 2, mencuri perhatian dengan penampilannya yang dianggap kontroversial oleh sejumlah pengamat politik. Salah satunya adalah Asrinaldi, pakar politik dari Universitas Andalas, Padang, yang memberikan analisis tajam terhadap sikap dan respons Prabowo dalam debat yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12) lalu.

Diberitakan Antara bahwa Asrinaldi, dalam pandangannya, menyatakan kekhawatiran bahwa Prabowo Subianto berpotensi kehilangan dukungan dari kalangan menengah ke atas dan intelek.

Ia menyebut bahwa penampilan Prabowo, yang terkesan tempramen dalam debat tersebut, dapat merugikan posisi politiknya di mata kelompok tersebut.

Baca Juga: Prabowo Subianto Komitmen Lanjutkan Food Estate, Langkah Strategis atau Kontroversial?

"Tentu yang akan dirugikan kepada pak Prabowo itu adalah kelompok menengah kelompok terdidik yang melihat dia selama ini simpatik tapi karena menampilkan sikap seperti itu ya ada pertimbangan-pertimbangan lain," ujar Asrinaldi seperti dikutip dari Antara.

Meskipun Asrinaldi mengakui bahwa Prabowo memiliki pengalaman dalam menjalani debat calon presiden dan dianggap memiliki gagasan yang bagus terkait penegakan hukum dan perlindungan HAM, namun dia menilai bahwa Prabowo beberapa kali gagal menyampaikan gagasan karena larut dalam sikap emosional.

"Sikap seperti itu, temperamen, dari segi materi debat juga, bukan tidak begitu menguasai ya tapi tidak jelas apa ide yang akan disampaikan," ungkap Asrinaldi seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tampilkan Perilaku Tak Pantas Saat Debat Perdana Capres Pemilu 2024, Gibran Ditegur KPU

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x