Tak Hanya Muslim, Umat Kristen Palestina Jadi Korban 'Kejahatan' Penjajah Israel

- 29 Desember 2023, 08:11 WIB
Potret Gereja Makam Kudus yang kuncinya dijaga keluarga Joudeh
Potret Gereja Makam Kudus yang kuncinya dijaga keluarga Joudeh /Gambar oleh Anna Sulencka dari Pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Ternyata tak hanya umat Islam yang menjadi korban dari apa yang disebut dengan kejahatan oleh ekstrimis Yahudi Israel, umat Kristen yang mengakar di Palestina juga telah menjadi korban.

Umat Kristen di tanah Palestina, yang telah berakar selama lebih dari 2.000 tahun, menghadapi berbagai tantangan yang melampaui konflik di Jalur Gaza. Mereka tidak hanya menjadi korban pembantaian, tetapi juga sasaran pelecehan dan serangan di wilayah yang diduduki.

Diberitakan Antaranews pada Kamis 28/12 bahwa peningkatan serangan oleh pemukim Yahudi terhadap umat Kristen, tokoh agama, dan situs suci di Yerusalem Timur dalam beberapa tahun terakhir menjadi sorotan.

Baca Juga: Bupati Tiwi Hadiri Natal Pasamuan GKJ Purbalingga, Semoga Natal Membawa Damai...

Pemimpin umat Kristen dan gereja-gereja di Kota Tua Yerusalem menuduh Pemerintah Israel menutup mata terhadap serangan-serangan oleh pemukim Yahudi di situs-situs suci dan terhadap para pendeta.

Kardinal Pierbattista Pizzaballa, perwakilan Vatikan di Yerusalem, dalam pidato pada April menyatakan bahwa umat Kristen sedang mengalami peningkatan serangan, dan Pemerintah Netanyahu dianggap memperkuat mereka yang melecehkan pendeta serta menyerang properti keagamaan.

Umat Kristen Palestina, terutama pada malam Natal, telah menjadi sasaran serangan yang disebut sebagai "kejahatan kebencian" dan "terorisme." Pasukan Israel, selain menghancurkan infrastruktur di Gaza, juga menargetkan gereja dan masjid, menyebabkan korban di kalangan umat Kristen serta melakukan serangan psikologis dan fisik.

Baca Juga: Kapolri Titip Pesan ke Uskup Agung Jakarta Terkait Pilpres 2024, Saat Tinjauan Misa Natal 2023

Pengaruh kelompok ekstremis Yahudi yang mendapat dukungan dari tokoh sayap kanan pemerintahan Israel juga terasa. Pada beberapa kasus, gereja-gereja di wilayah pendudukan Palestina menjadi sasaran serangan, dan ketidakmampuan polisi untuk mencegah serangan-serangan ini menuai kritik.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x