Kapolda Metro Jaya 'Angkat Bendara Putih' Soal Macet Jakarta, Ternyata Belum Ada Solusi...

- 29 Desember 2023, 16:14 WIB
ilustrasi Kemacetan Jakarta. Kapolda Metro Jaya 'Angkat Bendara Putih' Soal Macet Jakarta, Ternyata Belum Ada Solusi...
ilustrasi Kemacetan Jakarta. Kapolda Metro Jaya 'Angkat Bendara Putih' Soal Macet Jakarta, Ternyata Belum Ada Solusi... /

BANJARNEGARAKU.COM - Masalah kemacetan di Jakarta sepertinya menjadi momok yang belum ada solusinya. Bukan tanpa alasan, namun selama ini berbagai cara sudah dilakukan namun tidak berhasil mengurai kemacetan yang kerap terjadi di pagi dan sore hari. Hal ini seperti yang disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Menurut Kapolda, seperti mengangkat bendera putih, ia mengaku hingga kini belum ada cara yang tepat untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Baca Juga: Bupati Tiwi dan Andre Hehanussa Borong Jajan di Pasar Badog Bancar

"Memang sehari-hari kami belum bisa menekan kemacetan ini. Berbagai diskusi antara kami dan Pemda belum menemukan formula yang tepat bagaimana mengatasi kemacetan," kata Karyoto saat acara Rilis akhir tahun Polda Metro Jaya 2023 di Jakarta, Kamis, 29 Desember 2023.

Ditambahkan Karyoto, bahwa aturan sistem ganjil genap yang saat ini diberlakukan belum begitu efektif mengurai kemacetan. Padahal, aturan ini dikatakannya mampu memangkas kemacetan bila diterapkan pada semua kendaraan.

"Kalau genap dan ganjil diberlakukan pada semua jenis kendaraan pasti masyarakat akan protes, apalagi di seluruh jam waktu, nanti masyarakat akan meminta pajak separuh. Karena kalau saya punya mobil genap, pasti saya akan keluar hanya di genap saja. Artinya saya membayar pajak genap dan ganjil," jelasnya.

Baca Juga: Pj Bupati Banjarnegara Minta Genjot Penjualan Produk UMKM Lokal, Launching ‘Apik Bos’

Tegas Karyoto, Bukan tanpa usaha, pihaknya mengatakan kepolisian bersama stakeholder lain tetap beruapa mencari cara lain untuk mengurangi kemacetan Jakarta. "Upaya kami turunkan anggota di jam rawan (macet). Kami berupaya untuk sedikit memperlancara dengan cara itu," paparnya.

Dilansir banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com, dari data yang dijelaskan, jumlah kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2023 meningkat dari tahun 2022. Ada sebanyak 11.629 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi tahun 2023, sementara tahun 2022 ada 10.494 kasus.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah