Pesawat Tempur Rafale, Alutsista Baru Indonesia yang Dibeli dari Prancis, Ini Spesifikasinya...

- 16 Januari 2024, 23:58 WIB
 Pesawat Rafale. Pesawat Tempur Rafale, Alutsista Baru Indonesia yang Dibeli dari Prancis, Ini Spesifikasinya...
Pesawat Rafale. Pesawat Tempur Rafale, Alutsista Baru Indonesia yang Dibeli dari Prancis, Ini Spesifikasinya... /Dassault Aviation

BANJARNEGARAKU.COM - Guna memperkuat pertahanan Indonesia, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) kembali belanja alat utama sistem senjata (alutsista). Sedangkan dalam kontrak ketiga yang ditandatangi pada 8 Januari 2024, Kemenhan membeli 18 pesawat tempur Rafale dari perusahaan Prancis Dassault Aviation.

Diketahui, untuk kontrak pertama ditandatangi pada September 2022 dengan pengadaan 6 unit dan Agustus 2023 dengan 18 unit. Dengan begitu, Indonesia memiliki 42 unit pesawat Rafale.

Baca Juga: Di Balik Take Down Videotron Anies Baswedan, THN AMIN Duga Ada Tekanan dari Pihak Luar...

Mengenal Spesifikasi Pesawat Rafale

Pesawat Rafale merupakan pesawat tempur canggih generasi 4.5 yang menjadi salah satu pesawat andalan negara-negara anggota NATO. Termasuk ke dalam kategori pesawat omnirole, pesawat Rafale mampu melakukan berbagai jenis misi seperti superioritas udara dan pertahanan udara, dukungan udara jarak dekat, serangan in-depth, pengintaian udara, dan serangan anti-kapal.

Sedangkan pesawat tempur ini dilengkapi berbagai macam persenjataan seperti rudal udara-ke-udara jarak jauh yang dikenal Beyond Visual Range (BVR) METEOR dan MICA, rudal stand-off jarak jauh SCALP, rudal anti-kapal AM39 EXOCET.

Untuk spesifikasi lainnya, pesawat Rafale juga dilengkapi bom berpemandu laser, bom klasik tanpa pemandu, dan meriam internal NEXTER 30M791 30 mm yang mampu memuntahkan 2.500 peluru per menit.

Baca Juga: Suwon FC: Kami dengan bangga menyambut kedatangan Arhan

Kapan pesawat Rafale tiba di Indonesia?

Namun, meski kontrak pengadaannyaditeken Kemenhan dengan Prancis pada 8 Januari lalu, pesawat Rafale akan tiba di Indonesia pada awal tahun 2026.

Kemenhan berharap kedatangan pesawat tempur Rafale beserta persenjataan dan perangkat pendukungnya dapat meningkatkan kekuatan dan kesiapan TNI AU secara signifikan dalam menjaga kedaulatan negara di udara.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x