Hoaks Jokowi Kampanye Bagi-bagi Sembako di Depan Istana, Cek Faktanya di Sini

- 29 Januari 2024, 12:10 WIB
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. /

BANJARNEGARAKU.COM - Sebuah konten yang beredar di platform TikTok menyebarkan narasi yang menyatakan bahwa Presiden Jokowi membagikan sembako di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, pada bulan Januari 2024 dan mengaitkannya dengan Pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari mendatang.

Namun, fakta sebenarnya menunjukkan bahwa kegiatan pembagian sembako tersebut bersih dari unsur kampanye serta Pemilu 2024. Video sebenarnya telah beredar sejak April 2023. Pembagian sembako tersebut dilakukan pada 13 Maret 2023, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023, yang berlangsung pada 22 April dan 23 April 2023.

Baca Juga: Anies Baswedan Mundur dari Pencalonan Pilpres 2024 Usai Ditetapkan Tersangka oleh KPK, Cek Faktanya

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membagikan paket sembako kepada ribuan pengemudi ojek daring dan ojek pangkalan di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Saat kegiatan tersebut berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan pasangan calon peserta Pemilu 2024, dan tahapan kampanye Pemilu 2024 pun belum dimulai.

Dengan demikian, narasi yang disematkan dalam video di TikTok itu adalah hoaks yang berisiko menjadi fitnah. Klaim bahwa Presiden Jokowi membagikan sembako terkait Pemilu pada Januari 2024 adalah tidak benar dan tidak berdasar.

Oleh karena itu, kita diingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi yang belum terverifikasi dengan baik.***

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x