Pemilih Pemula Wajib Tahu! Ada 3 Modal yang Dibutuhkan untuk Memilih Capres-Cawapres di Pemilu 2024

- 14 Februari 2024, 05:10 WIB
ILUSTRASI pemilih pemula. Pemilih Pemula Wajib Tahu! Ada 3 Modal yang Dibutuhkan untuk Memilih Capres-Cawapres di Pemilu 2024
ILUSTRASI pemilih pemula. Pemilih Pemula Wajib Tahu! Ada 3 Modal yang Dibutuhkan untuk Memilih Capres-Cawapres di Pemilu 2024 /Nandai Bengkulu

BANJARNEGARAKU.COM - Detik-detik jelang Pemilu 2024, bagi pemilih pemula wajib tahu nih. Seperti yang disampaikan Analis politik dari Exposit Strategic Arif Susanto mengatakan soal apa saja yang dibutuhkan, sebagai calon pemilih dalam kontestasi Pemilu 2024.

Ditambahkan Arif, calon pemilih dari kalangan pemilih pemula setidaknya membutuhkan tiga modal penting saat menggunakan hak suara dalam Pemilu 2024 ini.

Baca Juga: KPU RI Tegaskan Profesionalitas dalam Pemilu 2024, Tepis Tuduhan Kecurangan dengan Bukti Nyata...

"Pemilih memiliki kewajiban bukan hanya memastikan bahwa pilihannya tepat, tetapi proses panjang tentang bagaimana menimbang pemimpin, antara lain dipengaruhi rekam jejak, jadi penting bagi pemilih untuk tahu siapa yang akan dipilih," kata Arif pada, 9 Februari 2024.

Dijelaskan Arif, bahwa modal pertama adalah keterkenalan. Namun hal itu tidak menjamin orang-orang memiliki rekam jejak yang bagus di ranah aktivisme sosial. Sehingga pemilih harus cerdas dalam tentukan pilihan.

Kemudian yaitu oportunis, di mana setiap pemilih memiliki kepentingan beragam. Misalnya mencari pemimpin yang fokus ke sektor anak muda untuk bisa berkarya dan berprestasi.

Baca Juga: Suksesnya Pemilu 2024 Masyarakat Memegang Peranan Penting, Ini Penjelasan Akademisi....

Dikutip banjarnegaraku.com dari Sebagaimana dirangkum dari ANTARA, pemilih harus bersikap oportunis dengan melihat tawaran kebijakan tiap calon pemimpin dari sudut pandang luas.

"Bayangkan, misalnya, saya menghendaki pemimpin yang pandai menyanyi. Kalau itu saya lakukan, saya akan memilih pemimpin yang pandai menyanyi meskipun dia tidak pandai mengelola negara.”

“Dampaknya, teman-teman di kanan-kiri saya akan menikmati periode yang buruk karena pemimpin yang pandai menyanyi ternyata tidak pandai mengelola negara. Itu yang harus ditimbang," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: tasikmalaya.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x