Rata-rata Petugas Memiliki Komorbid, jadi Penyebab 13 Petugas KPPS Meninggal Dunia Ungkap Menkes Budi....

- 16 Februari 2024, 13:45 WIB
Petugas KPPS. Rata-rata Petugas Memiliki Komorbid, jadi Penyebab 13 Petugas KPPS Meninggal Dunia Ungkap Menkes Budi....
Petugas KPPS. Rata-rata Petugas Memiliki Komorbid, jadi Penyebab 13 Petugas KPPS Meninggal Dunia Ungkap Menkes Budi.... /Antara/Bayu Pratama S./

BANJARNEGARAKU.COM - Adanya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat bicara, pihaknya menerima laporan ada 13 petugas KPPS meninggal pada Pemilu 2024. Namun, menurut Menkes Budi angka tersebut jauh berkurang dibandingkan Pemilu 2019 dengan jumlah 100 petugas KPPS yang meninggal.

Ditambahkan Budi, dengan menurunnya jumlah petugas yang meninggal di Pemilu 2024 menunjukkan bahwa petugas KPPS sudah memahami soal risiko kesehatan yang akan dihadapi selama bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga: Kuning Telur untuk Diet, Dibuang atau Dimakan? Simak Penjelasannya Berikut Ini

“Memang dibandingkan tahun-tahun lalu yang di atas 100, ini menurun jauh. Jadi kita merasa bahwa sudah lebih pahamlah masyarakat kalau kerjanya jangan terlalu dipaksa," kata Budi Gunadi saat mengunjungi Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta, Jumat, 16 Februari 2024.

Dikutip banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com, ditambahkan Budi menuturkan, ternyata rata-rata petugas KPPS yang meninggal memiliki penyakit komorbid seperti darah tinggi, gula, dan diabetes. Ke depannya, kata dia, pemerintah menginginkan tidak ada lagi petugas KPPS yang meninggal.

“Ke depannya kita pengen kalau bisa nol (petugas KPPS meninggal). Tapi dari 100 kita turun ke 13, Apa yang kita bisa perbaiki? Rata-rata tuh mereka punya komorbid, darah tinggi, gula, diabetes,” tutur Budi.

Baca Juga: Skinny Fat, Badan Tampak Kurus, tetapi Memiliki Perut Buncit, Ternyata Berisiko pada Kesehatan

Budi menyampaikan ke depannya Kementerian Kesehatan akan melakukan skrining kesehatan bagi calon petugas KPPS, misalnya mengecek tekanan darah tinggi dan kadar gula dalam tubuh.

“Mungkin yang ingin kita mau lakukan nanti sebelum jadi anggota KPPS kita screening dulu periksa tekanan darah tinggi sama gula, kan relatif mudah. Penyebabnya itu dua biasanya. Kita mau lakukan skrining agar kalau bisa nol (petugas KPPS yang meninggal),” ujar Budi.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x