Mudik Gratis Kemenhub 2024, Siapa Cepat Dia dapat

- 29 Maret 2024, 20:48 WIB
Ilustrasi mudik gratis. Kemenhub buka kuota tambahan mudik gratis Lebaran 2024 dengan jumlah 26 kota tujuan, cek di sini.
Ilustrasi mudik gratis. Kemenhub buka kuota tambahan mudik gratis Lebaran 2024 dengan jumlah 26 kota tujuan, cek di sini. /ANTARA FOTO/Galih Pradipta./

BANJARNEGARAKU.COM - Pemerintah Indonesia kembali membuka program mudik gratis dalam rangka menyambut arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Sistem pendaftaran tetap mengedepankan prinsip "siapa cepat dia dapat", sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Inisiatif mudik gratis yang dilakukan pemerintah ini memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman tanpa harus khawatir dengan biaya dan ketersediaan transportasi.

Baca Juga: Mudik Gratis PT PELNI Persero Rute Balikpapan-Surabaya, Lengkap dengan Jadwal, Begini Cara Daftarnya...

Diberitakan Antara bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperluas kesempatan bagi masyarakat dengan menyediakan kuota sebanyak 10.000 orang untuk menggunakan sarana transportasi bus.

Langkah ini diambil dalam upaya untuk mengurangi beban perjalanan pemudik, khususnya yang melakukan perjalanan jarak jauh, serta mempromosikan keamanan dan kenyamanan selama masa liburan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, menjelaskan bahwa kuota 10.000 orang ini merupakan tambahan dari kuota sebelumnya, sehingga total keseluruhan kuota yang disediakan mencapai 40.088 orang untuk mudik gratis tahun 2024.

Program mudik gratis sebelumnya telah membuka pendaftaran sejak 6 Maret 2024 dengan kuota sebanyak 30.088 orang untuk arus mudik dan balik. Kuota tersebut telah terpenuhi, menandakan antusiasme masyarakat terhadap program ini.

Dari jumlah tersebut, 24.368 orang dialokasikan untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik, dengan menggunakan sarana transportasi bus. Kementerian Perhubungan juga telah menyiapkan 722 unit bus untuk mengangkut pemudik secara gratis.

Pendaftaran untuk kuota tambahan 10.000 orang ini akan dibuka mulai Sabtu, 30 Maret 2024 pukul 08.00 WIB melalui aplikasi MitraDarat. Hendro menekankan bahwa pendaftaran akan ditutup segera setelah kuota terpenuhi.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x