Kemenkes Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit HFMD dan DBD, Saat Rayakan Idul Fitri....

- 11 April 2024, 20:30 WIB
Kemenkes Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit HFMD dan DBD, Saat Rayakan Idul Fitri....
Kemenkes Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit HFMD dan DBD, Saat Rayakan Idul Fitri.... /UMSU/

BANJARNEGARAKU.COM - Masih dalam suasana Lebaran 2024 ini, masyarakat diminta mewaspadai penyakit tersebut. Hal tersebut disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi penularan penyakit hand, foot and mouth disease (HFMD).

Terlebih, untuk penyakit HFMD ini memiliki kecepatan penularan yang tinggi meski jarang menyebabkan sakit berat.

Baca Juga: Bupati Tiwi Kunjungi Petugas Dinhub dan Posko-Posko Mudik Swadaya Ormas

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Kemenkes dr M Syahril. Ia menilai, perjalanan mudik berpotensi mempercepat penyebaran penyakit.

"Pergerakan manusia selama perjalanan mudik berpotensi mempercepat penyebaran, terutama di kalangan bayi dan balita,” kata Syahril, Senin 8 April 2024.

Dikutip banjarnegaraku.com dari PMJ News, hingga pekan ke-13 tahun 2024, Kemenkes mencatat jumlah kasus HFMD mencapai hampir 6.500. Kasus HFMD terbanyak ada di Pulau Jawa, di antaranya Jawa Barat (2.119), disusul Banten (1.171) DI Yogyakarta (561), dan Jawa Tengah (464).

Baca Juga: Sambut Hari Kemenangan! Ribuan Jamaah Sholat Idul Fitri 1445 H di Alun-alun Purbalingga

“Ada tren peningkatan, ditambah mudik dan libur panjang itu berpotensi terjadi peningkatan kasus flu Singapura,” terangnya.

Ditambahkan Syahril, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan selama perjalanan mudik dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menerapkan etika batuk atau bersin. Selain itu, masyarakat diminta menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah