Niat Puasa Syawal dan Apakah Boleh Dilakukan Tanpa Berurutan, Serta Keutamaan dan Amalan Bulan Syawal...

- 11 April 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi muslim. Niat Puasa Syawal dan Apakah Boleh Dilakukan Tanpa Berurutan, Serta Keutamaan dan Amalan Bulan Syawal...
Ilustrasi muslim. Niat Puasa Syawal dan Apakah Boleh Dilakukan Tanpa Berurutan, Serta Keutamaan dan Amalan Bulan Syawal... /Pixabay/jobin scaria f/

BANJARNEGARAKU.COM - Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan juga Lebaran, ada amalan sholeh yang dapat kita laksanakan untuk meningkatkan pahala dan keimananan kita yakni puasa sunnah di bulan Syawal.

Berikut ini ada keutamaan Puasa Syawal berdasarkan hadits riwayat Muslim dimana saat seseorang melakukan puasa di bulan Ramadhan dan enam hari setelahnya yaitu pada bulan Syawal maka orang tersebut akan mendapatkan seperti pahala berpuasa selama setahun.

Baca Juga: Usai Lebaran, Puasa Syawal 2024 Tanggal Berapa? Simak Ini Info Jadwal dan Bacaan Niatnya....

“Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.” (HR. Muslim).

Puasa Syawal dilakukan selama enam hari, dimulai dari tanggal 2 Syawal sampai tanggal 7 Syawal, boleh dilakukan secara berturut-turut selama enam hari atau acak selama bulan Syawal.

Dikutip banjarnegaraku.com dari PikiranRakyatDepok.com, adapun amalan yang sunnah dilakukan selama bulan Syawal dirangkum dari laman MUI yaitu:

Baca Juga: KEREN! Timnas U23 Indonesia Taklukan Uni Emirat Arab 1-0, Simak Selengkapnya di Sini!

1. Tetap Menjaga Sholat Wajib dan Sunnah

Bukan hanya saat di bulan Ramadhan rajin melaksanakan sholat wajib dan sunnah, tetapi di 11 bulan lainnya tetap menjalankannya. Sebagaimana bunyi firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah ayat 238;

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: PikiranRakyat-Depok.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah