Megahnya Venue FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Nilainya Tak Main-main Hingga Rp640 Miliar...

- 24 Agustus 2023, 08:27 WIB
Indonesia Arena. Megahnya Venue FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Nilainya Tak Main-main Hingga Rp640 Miliar.../@jokowi
Indonesia Arena. Megahnya Venue FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Nilainya Tak Main-main Hingga Rp640 Miliar.../@jokowi /

BANJARNEGARAKU.COM - FIBA Wolrd Cup pada Agustus 2023 ini, Suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, karena Indonesia terpilih bersama Jepang, dan Filipina akan menjadi tuan rumah ajang. Di Indonesia, laga bergengsi basket dunia itu bakal digelar di Indonesia Arena.

Diketahui, bahwa Indonesia Arena adalah arena indoor serbaguna yang baru diresmikan Presiden RI Jokowi pada 7 Agustus 2023. Arena ini berada di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta.

Baca Juga: Jadwal Pagelaran Wayang Kulit, Kamis 24 Agustus 2023: Patikraja Banyumas, Cilacap, Kebumen dan Pemalang

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com pada 23 Agustus 2023, Menengok Megahnya Indonesia Arena, Venue FIBA World Cup 2023 yang Dibangun dengan Biaya Rp640 Miliar.

Untuk Pembangunan Indonesia Arena dibangun selama 18 bulan, sejak Desember 2021 hingga Juni 2023. Arena ini dibangun di atas lahan seluas 31.826 meter persegi dengan anggaran Rp640 miliar. Indonesia Arena dibangun dengan kapasitas 16000 penonton. Infrastruktur ini dibangun dengan konsep green building, dengan mengadopsi filosofi tenun, representasi semangat gotong royong bangsa Indonesia, keberagaman bersatu membentuk bangsa yang kuat.

“Didesain dengan semangat yang sama, seperti keranjang anyaman, prinsip tumpang tindih anyaman diwujudkan dalam bentuk massa bangunan yang ditumpuk satu sama lain dengan variasi pola yang unik,” kata keterangan resmi FIBA Basketball, dikutip Pikiran-Rakyat.com, Rabu, 23 Agustus 2023. 

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 56 Kurikulum Merdeka Semester 1 Kelas 2 SD

Selain untuk menggelar FIBA World Cup 2023, Indonesia Arena juga akan digunakan untuk acara olahraga lain seperti badminton, futsal, tenis, tinju, atletik. Selain itu, bisa juga digunakan untuk hiburan semacam konser musik dan konvensi di masa mendatang.
Selain multifungsi, Indonesia Arena juga dilengkapi dengan sound system yang jernih.

Lalu, pengamanan area VVIP menggunakan kaca anti peluru, dan terdapat layar LED berukuran besar atau jumbotron yang menggantung di langit-langit tengah lapangan.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x