Jorge Martin Sabet Pole, Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Australia

- 21 Oktober 2023, 10:31 WIB
Jorge Martin yang Sabet Pole, Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Australia
Jorge Martin yang Sabet Pole, Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Australia /Foto:ANTARA/WAHYU PUTRO A)/

BANJARNEGARAKU.COM - Bagnaia dan Marquez berhasil melaju ke Q2 setelah menjadi dua tercepat sesi Q1, Jorge Martin keluar dari tekanan Bagnaia dan berhasil menempati start terdepan MotoGP Australia di sirkuit Phillip Island.

Dirangkum banjarnegaraku.com dari situs resmi motogp. Marc Marquez (Repsol Honda Team) memulai sesi kualifikasi di posisi kedelapan, sementara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) tidak membuang-buang waktu untuk menunjukkan dominasinya dengan mencatatkan waktu 1 menit 28,784 detik. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) menduduki posisi kedua pada saat itu, diikuti oleh Joan Mir (Repsol Honda Team).

Augusto Fernandez (GASGAS Factory Racing Tech3) sempat merebut posisi teratas, namun Bagnaia memberikan respons dengan mencetak waktu 1 menit 28,160 detik. Meskipun awalnya Bagnaia mencatat waktu 1 menit 29,202 detik, waktu tersebut dibatalkan karena ia melampaui track limit.

Baca Juga: Akibat Cuaca Buruk Jadwal Balapan MotoGP Australia Berubah, Berikut Jadwal Lengkapnya

Bagnaia dan Marquez berhasil melaju ke Q2, sementara Quartararo hanya mampu berada di posisi ketujuh. Namun, karena adanya hukuman penalti tiga grid bagi Fernandez akibat menghalangi Quartararo dalam sesi Practice, Quartararo akan memulai balapan dari posisi ke-16. Mir menduduki posisi ke-16, tepat di belakang Raul Fernandez (CryptoDATA RNF MotoGP Team).

Sesi kedua dimulai dengan 10 pembalap tercepat sesi Practice ditambah dua pembalap tercepat Q1. Martin tidak mau membuang-buang waktu dan tertekan oleh Bagnaia, Martin berhasil mencatatkan waktu 1 menit 27,869 detik. Pesaing terdekatnya adalah Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan Bagnaia. Namun, Martin berhasil melepaskan diri dari tekanan keduanya.

Seiring berjalannya sesi, Martin berhasil meningkatkan catatan waktu menjadi 1 menit 27,246 detik, sekaligus memecahkan rekor lap dan meraih pole position untuk ketiga kalinya musim ini. Binder berada di posisi kedua, dengan Bagnaia mengisi baris depan.

Baca Juga: Brad Binder Kuasai Sesi Practice MotoGP Australia 2023, Berikut daftar 10 Pembalap Lolos Q2

Pemuncak klasemen tertinggal 0,468 detik dari Martin. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) memulai balapan dari posisi keempat, diikuti oleh Johann Zarco (Prima Pramac Racing) dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing). Marquez memulai balapan dari posisi ketujuh.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: MotoGP.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x