Pilkades di Banjarnegara Bakal Digelar Maret 2024, Ini Hasil Rapat Forkopimda Selengkapnya

- 13 Oktober 2023, 22:47 WIB
Pilkades di Banjarnegara Bakal Digelar Maret 2024, Ini Hasil Rapat Forkopimda Selengkapnya
Pilkades di Banjarnegara Bakal Digelar Maret 2024, Ini Hasil Rapat Forkopimda Selengkapnya /Dinkominfo Banjarnegara

BANJARNEGARAKU.COM - Usai pelaksanaan pemilu pada bulan Februari 2024, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara bersiap menggelar pelaksanaan Pilkades serentak gelombang II tahun 2024, yang bakal digelar pada bulan Maret 2024.

Pilkades gelombang II di Kabupaten Banjarnegara ini akan diikuti sebanyak 57 desa, dimana akhir masa jabatan kepala desa di 57 Desa tersebut berakhir pada bulan April tahun 2024.

Demikian salah satu hasil Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membahas rencana pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak gelombang II tahun 2024 di Pringgitan Rumah Dinas Bupati, yang berlangsung pada Rabu 11 Oktober 2023.

Baca Juga: Cegah Karhutla, Kapolres Banjarnegara: Tanggung Jawab Bersama

Rapat dipimpin langsung oleh PJ Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, dihadiri Forkompimda, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesejehteraan Rakyat, Inspektorat, Dindikpora, Dindukcapil, Ketua Komisi Pemilihan Umum dan Ketua Bawaslu serta Camat se-Kabupaten Banjarnegara.

Kepala Dispermades PPKB Banjarnegara, Hendro Cahyono, SE, M.Si. dalam paparannya menyampaikan bahwa jika Pilkades dilaksanakan pada bulan April 2024, maka tidak terjadi kekosongan kepala desa definitif. 

“Kepala desa hasil pilihan masyarakat akan lebih berpengaruh signifikan dalam mengatasi konflik-konflik yang berpotensi menyebabkan ketidakkondusifan masyarakat akibat pengaruh dari penyelenggaraan pemilu,” paparnya.

Hendro juga menerangkan, apabila Pilkades dilaksanakan sebelum tanggal 1 November 2023, dengan simulasi dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2023, sedangkan Akhir Masa Jabatan Kepala Desa pada gelombang II adalah 30 April 2024, maka akan terjadi masa tunggu pelantikan selama 183 hari.

Baca Juga: 43 Calon Kades Sepakat Deklarasi Damai, Pj Bupati Banyumas: Jauhi Segala Bentuk Provokasi

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Kominfo Banjarnegara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah