Warga Purbalingga Telah 100 Persen Akses Sanitasi, Ini Kata Kepala Dinas Kesehatan

- 26 Oktober 2022, 13:44 WIB
Warga Purbalingga Telah 100 Persen Akses Sanitasi, Ini Kata Kepala Dinas Kesehatan
Warga Purbalingga Telah 100 Persen Akses Sanitasi, Ini Kata Kepala Dinas Kesehatan /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Di Kabupaten Purbalingga saat ini telah 100 persen mengakses fasilitas sanitasi bagi warganya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Jusi Febrianto, saat melakukan laporan dalam acara verifikasi ODF (Open Defecation Free) bagi delapan desa di delapan Kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga, Rabu 26 Oktober 2022 di Pendopo Dipokusumo Purbalingga.

Jusi mengatakan, saat ini warga di Kabupaten Purbalingga telah 100 persen mengakses fasilitas sanitasi dan naim signifikan selama lima tahun terakhir berkat kerja keras dari semua pihak.

Baca Juga: 12 Atlet Penyandang Disabilitas Pubalingga Berjuang Mengikuti Kejurprof NPCI

Sedangkan di tahun 2016 lalu, akses sanitasi di Kabupaten Purbalingga masih berada di angka 60 persen, namun sekarang semua warga Purbalingga sudah bisa mengakses fasilitas sanitasi.

"Berkat berbagai macam program seperti Pamsimas, kita sudah bisa melayani akses sanitasi warga Purbalingga 100 persen," katanya.

Ditambahkan Jusi, pihaknya menyampaikan selamat datang kepada tim verifikator ODF dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Pramuka Garuda Menegakkan Jiwa yang Roboh, Memperkuat Eksitensi Diri

Jusi menyebutkan, rangkaian Purbalingga menuju ODF sudah dimulai jauh hari yaitu tahun 2010 dengan berbagai upaya seperti sosialisasi perilaku hidup sehat, membangun lingkungan yang kondusif untuk ODF dan dukungan finansial untuk membangun sejumlah fasilitas seperti jamban.

"Arisan jamban, Dana Desa, Bansos dan ada juga dari Baznas adalah beberapa struktur pendanaan selain dari pusat dan daerah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Nowo Sarwidi, S.Pd

Sumber: Dinkominfo Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah