Mengenal Tanda-tanda Orang yang Mendapatkan Anugerah Lailatul Qadar

- 7 April 2024, 11:33 WIB
Ilustrasi Lailatul qadar/ Mengenal Tanda-tanda Orang yang Mendapatkan Anugerah Lailatul Qadar
Ilustrasi Lailatul qadar/ Mengenal Tanda-tanda Orang yang Mendapatkan Anugerah Lailatul Qadar /Unsplash

BANJARNEGARAKU.COM - Lailatul Qadar, malam penuh keberkahan yang tersembunyi di antara sepuluh malam terakhir Ramadan sehingga umat Islam banyak 'memburunya". Bagaimana ciri orang yang mendapatkan Lailatul Qadar? Kenali tanda-tandanya.

Lailatul Qadar merupakan waktu di mana Al-Quran pertama kali diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Namun, apakah kita tahu bagaimana mengenali tanda-tanda seseorang yang mendapatkan anugerah Lailatul Qadar?

Baca Juga: Asal Mula Lailatul Qadar sebagai Tanda Keistimewaan Umat Nabi Muhammad SAW

Menurut pendapat Syekh Abdul Qadir Al-Jilani, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan mendapatkan ucapan salam serta jabatan tangan dari pemimpin para malaikat, Jibril.

Pertama-tama, perlu dipahami bahwa malaikat Jibril adalah makhluk ghaib, yang kehadirannya tidak dapat dirasakan oleh pancaindera manusia secara langsung. Namun, tanda-tanda dari kehadiran beliau dapat dipahami melalui reaksi tubuh dan jiwa seseorang yang telah dipilih untuk menerima anugerah tersebut.

Menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jilani, ada tiga tanda yang menunjukkan bahwa seseorang telah mendapatkan ucapan salam serta jabatan tangan dari malaikat Jibril.

Pertama, kulitnya gemetaran. Ini merupakan reaksi alami dari tubuh yang terpapar dengan kehadiran malaikat yang memancarkan energi luar biasa.

Kulit yang gemetar menandakan bahwa seseorang telah bersalaman dengan malaikat pembawa wahyu, Jibril. Salam anugerah yang penuh makna dan tak biasa tersebut akan memberikan efek yang luar biasa pada tubuh manusia.

Kedua, hatinya menjadi lembut. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut telah menerima cahaya ilahi yang mengubah hatinya menjadi lebih arif dan bijak.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah