Bukan di Tanggal 2! Inilah Penjelasan Buya Yahya terkait Waktu Mengerjakan Puasa Syawal dari Berbagai Madzhab

- 12 April 2024, 21:00 WIB
Buya Yahya berpendapat bahwa menggosok gigi tidak membatalkan puasa jika tidak tertelan
Buya Yahya berpendapat bahwa menggosok gigi tidak membatalkan puasa jika tidak tertelan /

BANJARNEGARAKU.COM - Saat ini, suasana Hari Raya Idul Fitri masih sangat terasa, terlihat di perkampngan, bahkan di hampir di jalan raya masih banyak terlihat orang menuju sanak family untuk bersilaturahmi merayakan hari idul ftri.

Akan tetapi sebagian umat Muslim mungkin juga ada yang telah memulai puasa Syawal. Lantas apa itu puasa sayawal?

Puasa Syawal adalah ibadah yang dilakukan pada bulan Syawal, dan dianjurkan secara sunnah. Setelah menjalani puasa sepanjang bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk melanjutkannya dengan puasa selama enam hari di bulan Syawal, yang dikenal sebagai puasa enam.

Melaksanakan puasa sunnah syawal memiliki nilai keutamaan yang tinggi. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, disebutkan bahwa puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan berpuasa selama setahun penuh.

Baca Juga: Kajian Mendalam tentang Ikhlas, Gus Baha Memaparkan Makna Ketulusan dan Keikhlasan

Namun, kapan sebaiknya puasa Syawal dimulai?

Menurut pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Prof. Yahya Zainul Ma'arif, LC, MA, Ph.D., atau yang dikenal sebagai Buya Yahya, dalam sebuah kajian di YouTube Al-Bahjah Tv, puasa sunnah Syawal di mazhab Imam Syafi'i direkomendasikan dimulai pada tanggal 2 Syawal, dan dilanjutkan selama enam hari berturut-turut.

Namun, ada perbedaan pendapat di antara ulama terkait hal ini. Menurut Madzhab  Imam Maliki, tidak disarankan untuk langsung memulai puasa sunnah Syawal setelah hari raya pertama Idul Fitri atau pada tanggal 2 Syawal.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan puasa sunnah Syawal menjadi wajib dan membebani umat.

Namun, menurut Buya Yahya, pengikut mazhab Imam Syafi'i dapat memulai puasa sunnah Syawal kapan saja selama bulan Syawal.

Halaman:

Editor: Taufik Hidayat PP

Sumber: Al Bahjah TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah