Gus Baha: Mengenali Kekurangan Diri Sendiri Bukanlah Tanda Kelemahan, melainkan Tanda Keberanian

- 14 April 2024, 21:20 WIB
Gus Baha.
Gus Baha. /Tangkapan layar YouTube Universitas Gajah Mada./

BANJARNEGARAKU.COM - Manusia adalah makhluk yang tidak luput dari kekurangan. Setiap individu, tanpa terkecuali, memiliki sisi-sisi yang perlu diperbaiki atau dikembangkan.

Namun, seringkali sulit bagi seseorang untuk melihat kekurangan dalam diri sendiri. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk memahami kekurangan orang lain.

Dalam realitas kehidupan, kesadaran akan kekurangan diri sendiri adalah langkah pertama yang krusial menuju pemahaman yang lebih dalam terhadap kekurangan orang lain.

Sebagiaman dituliskan Gus Baha dalam sebuah quotes yang telah diunggah pada kanal youtube akun Santri Makendut. KH. Ahmad Bahaudinnursalim menulisakn pentingnya memahami kekurangan diri sendiri.

Baca Juga: Iran Balas Serang Israel, Perang Dunia III Dimulai?

“Orang yang tidak mampu melihat kekurangannya sendiri, sulit bisa melihat kekurangan orang lain” Gus Baha

Kekurangan adalah bagian alami dari diri kita yang seringkali sulit diakui. Orang yang tidak mampu melihat kekurangan dalam diri sendiri seringkali menghadapi kesulitan dalam memahami kekurangan orang lain.

Pentingnya mengenali dan menerima kelemahan diri sendiri adalah langkah pertama menuju empati dan pemahaman yang lebih dalam terhadap orang lain.

Terkadang, kita terlalu fokus pada kelebihan kita dan mengabaikan kelemahan yang perlu diperbaiki. Dalam proses ini, kita mungkin tidak menyadari dampak negatif yang bisa timbul dari kekurangan tersebut.

Baca Juga: Ngak Usah Pusing, Galbay Shopee Paylater Bisa Separo Dulu Tanpa Denda

Halaman:

Editor: Taufik Hidayat PP

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah