Iran Balas Serang Israel, Perang Dunia III Dimulai?

- 14 April 2024, 21:07 WIB
Ilustrasi/Iran Balas Serang Israel, Perang Dunia III Dimulai?
Ilustrasi/Iran Balas Serang Israel, Perang Dunia III Dimulai? /X.com @xruiztru/

BANJARNEGARAKU.COM - Serangan balasan Iran ke Israel pada Minggu 14 April 2024 membuat spekulasi bahwa hal itu dapat menjadi pemicu perang dunia III (World War III). Benarkah demikian?

Perang dunia adalah perang besar yang melibatkan persekutuan negara-negara terlibat yang menjangkau antarbenua. Perang dunia I pecah pada tahun 1914-1918, sedangkan perang dunia II pecah pada tahun 1939-1945.

Baca Juga: Klaim Sesuai Piagam PBB: Iran Balas Dendam Luncurkan Drone dan Rudal ke Israel

Diketahui Teheran meluncurkan drone buatan dalam negerinya yang bisa meledakkan diri dan sejumlah rudal ke Tel Aviv sebagai balasan atas serangan Israel ke Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024 yang menewaskan sejumlah petinggi negeri pewaris Persia itu.

Iran mengklaim bahwa mereka mempunyai hak untuk membela diri berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB, konsep yang digunakan oleh Israel saat menyerang Hamas di Gaza hingga saat ini.

Jika negara sekutu Israel seperti Amerika Serikat dan NATO ikut campur dalam ketegangan Teheran-Tel Aviv, maka dimungkinkan Rusia, Korea Utara, dan China bersedia membantu Iran.

Peperangan negara-negara berhulu ledak nuklir itu sangat mungkin terjadi bila situasi memburuk dan tidak ada pengendalian diri dari kedua pihak.

Baca Juga: Iran Ingatkan Israel untuk Hentikan 'Kejahatan Perang', Hisbullah Siap Lawan Israel

Dampak dari peperangan akan sangat terasa bahkan terhadap negara-negara yang 'netral' karena rantai ekonomi seperti produksi, distribusi, dan perdagangan antarnegara terganggu dan bahkan terhenti.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x