Waspada! BMKG Sebut Akan Ada Potensi Gempa 8,7 Magnitudo di Sepanjang Selatan Pulau Jawa, Berpotensi Tsunami

- 30 Juli 2022, 16:57 WIB
Ilustrasi: Waspada! BMKG Sebut Akan Ada Potensi Gempa 8,7 Magnitudo di Sepanjang Selatan Pulau Jawa, Berpotensi Tsunami
Ilustrasi: Waspada! BMKG Sebut Akan Ada Potensi Gempa 8,7 Magnitudo di Sepanjang Selatan Pulau Jawa, Berpotensi Tsunami /Pixabay/Tumisu

BANJARNEGARAKU.COM - Waspada, BMKG sebut akan ada potensi gempa berkekuatan 8,7 magnitudo di sepanjang selatan pulau Jawa, berpotensi tsunami.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, pihaknya mengingatkan masyarakat akan adanya potensi gempa berkekuatan 8,7 magnitudo.

Tak hanya itu, BMKG juga melaporkan adanya potensi tsunami di sepanjang selatan Pulau Jawa.

Dwikorita mengungkapkan bahwa prakiraan tersebut bukan ramalan melainkan hasil kajian dari para ahli dan pakar kegempaan.

Baca Juga: Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK MH Budayakan Lari Tiap Sore! Olahraga Mudah dan Murah

Seperti dikutip banjarnegaraku.com dari pikiran-rakyat.com pada artikel berjudul Waspada! Potensi Gempa 8,7 Magnitudo dan Tsunami di Sepanjang Selatan Pulau Jawa, Ini Kata BMKG.

"Cilacap yang berada di garis Pantai Selatan Jawa menghadap langsung zona tumbukan lempeng antara lempeng Samudera Hindia dengan lempeng Eurasia,” ujar Dwikorita.

Menurutnya, jika terjadi gempa di zona tumbukan tersebut, potensi kekuatan gempa akan mencapai 8,7 magnitudo dan dikhawatirkan menimbulkan gelombang tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 meter.

Baca Juga: Holly Kurniawati SKM MSi Resmi Jadi Anggota Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia, Terima SK dari Presiden Jokowi 

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x