Dinilai Mengejutkan, Bank of England Menaikkan Suku Bunga Jadi 5%, Ini Tertinggi sejak 2008

- 23 Juni 2023, 05:06 WIB
Orang-orang berjalan di luar Bank of England di distrik keuangan di London, Inggris.
Orang-orang berjalan di luar Bank of England di distrik keuangan di London, Inggris. /REUTERS/Henry Nicholls/

 

BANJARNEGARAKU.COM - Dinilai sebagai langkah mengejutkan, Bank of England (BoE) menaikkan suku bunga sebesar 0,50 basis points pada Kamis 22 Juni 2023, di mana lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Komite Kebijakan Moneter (MPC) BoE memberikan suara 7-2 untuk menaikkan suku bunga utamanya menjadi 5% dari 4,5%, tertinggi sejak 2008 dan kenaikan suku bunga terbesar sejak Februari 2023, menyusul inflasi yang lebih tinggi dan pertumbuhan upah sejak pembuat kebijakan bertemu terakhir di pada Mei lalu.

 

"Ada berita positif yang signifikan dalam data terakhir yang mengindikasikan persistensi lebih dalam proses inflasi," kata MPC, dilansir Banjarnegaraku.com dari Reuters, Jumat 23 Juni 2023.

Baca Juga: Penyebab Kebangkrutan Silicon Valley Bank Terus Diselidiki, Diduga Goldman Sachs Group Turut Berperan

"Efek putaran kedua dalam harga domestik dan perkembangan upah yang dihasilkan oleh guncangan biaya eksternal cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk bersantai daripada yang muncul," tambahnya.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pergerakan ke 4,75%, meskipun pasar keuangan sebelumnya pada hari Kamis telah melihat peluang hampir 50% untuk naik menjadi 5%, menyusul data inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan yang dirilis pada hari Rabu.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x