Daftar 10 Provinsi dengan Tingkat Kerawanan Tertinggi Isu Netralitas ASN pada Pemilu 2024

- 30 September 2023, 07:08 WIB
Daerah paling rawan pelanggaran netralitas ASN pada pemilu 2024
Daerah paling rawan pelanggaran netralitas ASN pada pemilu 2024 /afif/

BANJARNEGARAKU.COM - Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah seharusnya netral dalam penyelenggaraan pemilu baik di daerah maupun pusat. Isu Netralitas ASN yang rawan dilanggar tercatat di 10 Provinsi dengan tingkat kerawanan tertinggi pada Pemilu 2024.

ASN yang tidak netral menjadi salah satu sumber kerawanan yang rentan terjadi. Maka pemetaan daerah yang mempunyai tingkat kerawanan pelanggaran netralitas ASN perlu dibuat supaya meminimalisir pelanggaran dan lebih fokus untuk mengarahkan tindakan pencegahan.

Pemilu 2024 merupakan pemilu serentak yang memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota. ASN sebagai abdi negara bisa berpartisipasi mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2024 dengan menjaga netralitas

Lantas 10 provinsi mana saja yang mempunyai tingkat kerawanan tertinggi? Simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Pj Bupati Hanung: 'Ayo Belajar ke Dieng', Diajak Liburan?

Bawaslu RI merilis hasil pemetaan daerah yang mempunyai tingkat kerawanan terhadap isu netralitas ASN. Rilis dishare melalui saluran whatsapp resmi Bawaslu RI pada Selasa (26/9).

Dalam unggahannya, Bawaslu RI menuliskan upaya pencegahan melalui pemetaan daerah dengan tingkat kerawanan isu netralitas ASN tertinggi.

"Ketidaknetralan ASN termasuk sumber kerawanan yang rentan terjadi di pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan, maka dari itu pemetaan kerawanan netralitas ASN penting dilakukan sebagai upaya pencegahan agar ketidaknetralan ASN tidak terjadi dalam penyelenggaraan
Pemilu dan Pemilihan." Tulis Bawaslu RI.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Bawaslu RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x