Siap-siap! KPU Tegaskan Debat Cawapres Tetap Digelar Dua Kali Jelang Pilpres 2024

- 3 Desember 2023, 22:16 WIB
Siap-siap! KPU Tegaskan Debat Cawapres Tetap Digelar Dua Kali Jelang Pilpres 2024
Siap-siap! KPU Tegaskan Debat Cawapres Tetap Digelar Dua Kali Jelang Pilpres 2024 /ANTARA/Narda Margaretha Sinambela/aa./

BANJARNEGARAKU.COM - Seperti halnya pelaksanaan Pilpres tahun-tahun terdahulu, masyarakat akan menantikan Debat Capres dan Cawapres jelang Pilpres. Seperti halnya untuk Pilpres 2024 pun tetap akan diadakan, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden akan mengacu pada Undang-undang (UU) Pemilu.

Debat capres dan cawapres tetap dilaksanakan ditegaskan oleh Anggota KPU Idham Holik, debat Pilpres 2024 akan dilakukan sebanyak tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden, sesuai dengan Peraturan KPU No. 15 tahun 2023 Pasal 50 Ayat (1).

Baca Juga: Dr (H.C) Doni Monardo Mantan Ketua BNPB Wafat di Jakarta

"Capres itu tiga kali dan cawapres dua kali," kata Idham ketika dikonfirmasi di Media Center KPU pada Sabtu, 2 Desember 2023. Dalam pelaksanaannya, proporsi bicara akan disesuaikan dengan konteks debat, dengan capres menjadi aktor utama dalam menyampaikan pendalaman materi visi, misi, dan program pencalonan.

Dilansir banjarnegaraku.com dari Pembrita Bogor pada 3 Desember 2023, Fix! KPU Tegaskan Debat Cawapres Digelar Dua Kali Jelang Pilpres 2024.

Ditambahkan Idham, rencananya setiap pasangan calon akan didampingi oleh pasangannya masing-masing, walaupun dalam debat capres, cawapres hanya akan mendampingi. Ia menegaskan bahwa hal tersebut sesuai dengan perundang-undangan dan tidak melanggar norma yang berlaku.

Baca Juga: Ancaman Hamas: Tak Ada Pembebasan Tentara dan Mantan Tentara Sebelum Perang Benar-benar Berakhir

Tema Debat Capres Cawapres Pilpres 2024

Untuk debat kali ini, KPU telah menetapkan tema khusus untuk setiap sesi debat, yang mencakup berbagai aspek mulai dari hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, hingga teknologi informasi dan kesehatan.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pembrita Bogor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x