Indonesia Peringkat Tiga SGIE 2023, Kalahkan UEA dan Bahrain

- 29 Desember 2023, 19:35 WIB
Gibran Rakabuming membaca catatan saat jelaskan soal SGIE.
Gibran Rakabuming membaca catatan saat jelaskan soal SGIE. /YouTube KPU RI/

BANJARNEGARAKU.COM - Indonesia telah mencapai pencapaian luar biasa dalam ekonomi syariah, menempati peringkat ketiga secara global berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE) 2023 yang baru saja dirilis pada 26 Desember 2023.

Pencapaian Indonesia merupakan kenaikan satu peringkat dari posisi tahun sebelumnya, menunjukkan pertumbuhan positif dan kepercayaan dunia terhadap ekonomi syariah di Indonesia.

Baca Juga: Rektor Terpilih Undip Semarang Prof Suharnomo Panelis Debat Cawapres 2024

Diketahui, SGIE telah menjadi perbincangan ketika mencuat dalam pertanyaan yang diajukan oleh Gibran Rakabuming Raka kepada Muhaimin Iskandar di tengah debat cawapres yang diadakan KPU RI pada 22 Desember 2023.

Dari 81 negara yang dinilai dalam laporan tersebut, Indonesia berhasil menempati peringkat ketiga, mengungguli beberapa negara besar lainnya. Dibalik prestasi ini, terdapat perjalanan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Saat Debat Mahfud MD Paling Pandai Mengendalikan Ekspresi Emosi , Meski dengan Cak Imin Sempat Tak Nyaman...

Pada tahun 2019, Indonesia berada di peringkat kelima, dan kemudian naik ke peringkat empat pada periode 2020 hingga 2022. Pada tahun 2023, Indonesia berhasil meraih posisi ketiga, menegaskan peran yang semakin kuat dalam perekonomian global berbasis syariah.

Lima negara yang menduduki peringkat teratas dalam SGIE 2023 adalah

  1. Malaysia,
  2. Arab Saudi,
  3. Indonesia,
  4. Uni Emirat Arab, dan
  5. Bahrain.

Pencapaian ini menandakan bahwa Indonesia berada di antara kekuatan ekonomi syariah utama di dunia, bersaing dengan negara-negara yang telah lama dikenal sebagai pemimpin dalam hal keuangan dan ekonomi syariah.***

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah