SGIE 2023: Hanya Kalah dari Malaysia dan Arab Saudi, Ini Strategi Indonesia Nongkrong di Peringkat Ketiga

- 29 Desember 2023, 19:42 WIB
Ilustrasi ekonomi syariah. /pixabay
Ilustrasi ekonomi syariah. /pixabay /

BANJARNEGARAKU.COM - Istilah SGIE telah menjadi viral ketika mencuat dalam pertanyaan yang diajukan oleh Gibran Rakabuming Raka kepada Muhaimin Iskandar di tengah debat cawapres yang diadakan KPU RI pada 22 Desember 2023.

Terlepas dari riuhnya pembicaraan tentang SGIE pascadebat cawapres, fakta menyebutkan bahwa Indonesia telah mencapai peringkat ketiga secara global berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE) 2023 yang baru saja dirilis pada 26 Desember 2023.

Lima negara yang menduduki peringkat teratas dalam SGIE 2023 adalah

  1. Malaysia,
  2. Arab Saudi,
  3. Indonesia,
  4. Uni Emirat Arab, dan
  5. Bahrain.

Baca Juga: Indonesia Peringkat Tiga SGIE 2023, Kalahkan UEA dan Bahrain

Faktor Penilaian SGIE 2023

SGIE 2023 menilai ekonomi syariah dengan berbagai indikator, termasuk makanan dan minuman halal, busana Islami, kosmetik dan obat-obatan halal, media rekreasi bertema Islam, keuangan Islam, dan pariwisata halal.

Peningkatan peringkat Indonesia didorong oleh perkembangan positif dalam sektor-sektor ini, mencerminkan komitmen dan inovasi yang kuat dalam memenuhi standar ekonomi syariah global.

Strategi Pemerintah

Keberhasilan Indonesia dalam meningkatkan peringkat SGIE tidak lepas dari strategi pemerintah yang terfokus dan proaktif. Beberapa langkah strategis yang diambil oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah antara lain:

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah