Debat Keempat Hadirkan Cawapres Pemilu 2024 untuk Adu Gagasan, Ini Temanya

- 16 Januari 2024, 13:36 WIB
Momen debat Cawapres, diselenggarakan KPU, Jumat malam, 22 Desember 2023. (Foto: Instagram/@kpu_ri)
Momen debat Cawapres, diselenggarakan KPU, Jumat malam, 22 Desember 2023. (Foto: Instagram/@kpu_ri) /

BANJARNEGARAKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan Jakarta Convention Center (JCC) sebagai tempat penyelenggaraan debat keempat Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang mempertemukan calon wakil presiden (cawapres). Debat ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 21 Januari 2024.

August Mellaz, Komisioner KPU RI, menjelaskan bahwa pemilihan JCC sebagai lokasi debat keempat didasarkan pada ketersediaan venue dan kefamiliaran tim pasangan calon.

 

Mellaz menegaskan bahwa tidak ada perubahan format dalam debat keempat, kecuali perubahan tema.

Baca Juga: Serap Aspirasi Rakyat, Ganjar Pranowo Nginep di Rumah Warga Dusun Seger Kalibening Banjarnegara

Tema debat keempat melibatkan isu-isu energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Durasi total debat akan mencapai 150 menit, dengan pembagian waktu untuk jeda iklan selama 30 menit dan 120 menit untuk debat on air. Acara akan dimulai pukul 19.00 dan dibagi menjadi enam segmen.

Mengenai pemilihan panelis, Mellaz menegaskan bahwa KPU memilih sosok dengan kompetensi, tanpa ada kaitan kedekatan dengan pasangan calon tertentu.

Meskipun ada catatan terkait pemilihan panelis pada debat sebelumnya, Mellaz menyatakan bahwa tidak ada protes yang diajukan terhadap pemilihan panelis.***

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x