Serentak, KPU Lantik 5,7 Juta KPPS dan Tanam Jutaan Pohon di Seluruh Indonesia

- 26 Januari 2024, 10:53 WIB
KPU Kota Tangerang saat melantik ribuan anggota KPPS Kecamatan Tangerang di Stadion Benteng Reborn, Kamis, 25 Januari 2024.
KPU Kota Tangerang saat melantik ribuan anggota KPPS Kecamatan Tangerang di Stadion Benteng Reborn, Kamis, 25 Januari 2024. /Pemkot Tangerang

BANJARNEGARAKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) menggelar acara pelantikan serentak bagi 5.741.127 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di 71.000 lokasi, yang dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta. Acara tersebut merupakan bagian dari persiapan menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Setelah dilantik, anggota KPPS langsung menerima bimbingan teknis (bimtek) secara serentak, sebuah inovasi dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Pada Pemilu 2024, seluruh tujuh anggota KPPS di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) mendapatkan bimtek dari KPU.

Baca Juga: 70 Petugas KPPS Desa Jetis Dilantik dan Disumpah, Siap Bertugas Sukseskan Pemilu 2024....

Hasyim Asy’ari menyatakan bahwa tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemilih, dengan memberikan pemahaman dan keterampilan teknis kepada seluruh anggota KPPS.

Langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme, akuntabilitas, integritas, dan transparansi dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Hasyim menekankan bahwa dengan melatih tujuh anggota KPPS, mereka dapat saling mengingatkan dan bersinergi dalam menjalankan tugas mereka, termasuk dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Bimbingan teknis dilaksanakan secara intensif pada hari pelantikan dan akan berlanjut pada 26-27 Januari 2024. Ini diharapkan dapat memberikan bekal yang cukup kepada anggota KPPS sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik saat Pemilu.

Baca Juga: Panwaslu Desa Purwareja Awasi Proses Pelantikan Petugas KPPS di Desa Purwareja, Ada 182 Orang

Dalam acara yang sama, Hasyim Asy’ari juga mengumumkan aksi penanaman 5.709.898 bibit pohon di 71.000 lokasi pelantikan anggota KPPS di seluruh Indonesia.

Hal ini merupakan langkah strategis untuk melestarikan lingkungan, khususnya mengingat kebutuhan bahan kertas yang besar dalam proses pemilu.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah