KPU Purbalingga Lakukan Mitigasi pada TPS di Daerah Rawan Bencana

- 30 Januari 2024, 18:39 WIB
Ilustrasi Pemilu.
Ilustrasi Pemilu. /

BANJARNEGARAKU.COM - KPU Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, telah melakukan mitigasi terhadap tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di daerah rawan bencana untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat Pemilu 2024.

Diketahui pemungutan suara akan dilakukan pada 14 Februari 2024 yang akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kota, dan anggota DPD RI.

Baca Juga: Kampanye Akbar di JIS: Pemesanan Bus Dibatalkan Sepihak, Pendukung AMIN Siap Jalan Kaki

Diberitakan Antara bahwa Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Purbalingga, Catur Sigit Prasetyo, mengungkapkan bahwa mereka sudah melakukan mitigasi di setiap daerah dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Purbalingga untuk TPS yang rawan bencana.

Hasil mitigasi menunjukkan bahwa ada beberapa TPS yang berada di daerah rawan bencana tanah longsor, terutama di wilayah Kecamatan Karangmoncol dan Karangjambu. Contohnya, di Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, terdapat tiga TPS yang berada di daerah rawan longsor. Distribusi logistik juga menjadi perhatian karena longsor dapat menghambat distribusi logistik.

TPS yang berlokasi di daerah rawan bencana selalu dipantau oleh petugas panitia pemungutan suara (PPS) setempat. Selain itu, pihak KPU telah menyiapkan skenario untuk memindahkan TPS ke lokasi yang aman jika terjadi bencana longsor, bukan relokasi, tetapi pemindahan ke area sekitar.

Baca Juga: Warga Malang Raya Semangat Sambut Ganjar di Tengah Guyuran Hujan

Distribusi logistik dari KPU Kabupaten ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) akan dilaksanakan mulai H-7 Pemungutan Suara Pemilu 2024. Kegiatan simulasi dilakukan sebagai media sosialisasi kepada pemilih mengenai cara memilih atau mencoblos yang benar, serta untuk mempersiapkan penyelenggara Pemilu, dari KPU, PPK, PPS, sampai KPPS, agar memahami norma-norma yang telah ditetapkan.

Meskipun proses simulasi pemungutan suara memakan waktu, Catur menyatakan bahwa nantinya ada beberapa KPPS yang akan menggunakan alat bantu identitas TPS untuk mempercepat proses pemungutan suara.***

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x