Saran Pembalap Mewarnai Perubahan Aturan Akhir Pekan MotoGP 

- 17 Agustus 2023, 08:05 WIB
Saran Pembalap Mewarnai Perubahan Aturan Akhir Pekan MotoGP
Saran Pembalap Mewarnai Perubahan Aturan Akhir Pekan MotoGP /Instagram @motogp/

BANJARNEGARAKU.COM - Sejak GP Silverstone, sesi latihan kedua MotoGP hanya pada Jumat sore yang akan digunakan untuk menentukan sepuluh pembalap yang langsung masuk kualifikasi 2. Sebelumnya, sesi latihan Jumat pertama dan kedua diakumulasikan untuk menentukan 10 pembalap yang langsung masuk pada sesi kualifikasi 2.

Hal yang menjadi perhatian pembalap saat itu adalah pada sesi latihan bebas jumat pagi semuanya masih belum sepenuhnya aman dan siap baik setup mesin maupun kondisi trek. 

Pembalap dan tim merasa mereka hampir tidak memiliki kesempatan untuk menyiapkan sepeda motor untuk bisa digunakan membuat waktu putaran terbaik.

Baca Juga: Sponsor Indonesia Minta Marc Marquez Bergabung ke Gresini, Berikut Tim MotoGP Belum Memiliki Pembalap 2024

Baca Juga: Pembalap MotoGP Kembali ke Trek, Jadwal akhir pekan GP Spielberg Austria

Sebelum rehat/jeda musim panas, dalam beberapa kali safety meeting pembalap memberikan banyak masukan kepada Dorna, bahwa mereka melihat banyak hal yang negatif dan membahayakan keselamatan ketika sesi latihan pertama Motogp di Jumat pagi dimasukkan dalam perhitungan untuk menentukan 10 pembalap yang langsung masuk ke sesi kualifikasi 2. 

Akhirnya 17 Juli 2023 Dorna merespon masukan para pembalap tersebut dengan mengeluarkan aturan baru mengenai format latihan bebas dan kualifikasi.

Format baru tersebut adalah Sesi latihan pertama Jumat pagi catatan waktunya tidak lagi digunakan untuk menentukan Kualifikasi 2, jadi sekarang disebut Latihan Bebas 1 (FP1) dilakukan selama 45 menit.

Sesi latihan kedua selama 60 menit pada Jumat sore sekarang akan diberi nama Latihan (P). Ini akan menjadi satu-satunya sesi latihan yang menentukan 10 pembalap  yang akan langsung masuk ke kualifikasi 2  (Q2).

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Moto GP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x