Kanada Tampil Gemilang, Latvia Tumbang Ini Kekalahan Pertama di FIBA World Cup 2023

- 30 Agustus 2023, 08:04 WIB
Kanada Tampil Gemilang, Latvia Tumbang Ini Kekalahan Pertama di FIBA World Cup 2023
Kanada Tampil Gemilang, Latvia Tumbang Ini Kekalahan Pertama di FIBA World Cup 2023 /FIBA

BANJARNEGARAKU.COM - Dilaga terakhir Kanada tampil gemilang kalahkan tim Latvia, memastikan menjuarai Grup H FIBA World Cup 2023 dengan sempurna, sekaligus mengukuhkan status sebagai salah satu kandidat juara. Kanada membekuk tim kejutan Latvia dengan skor 101-75 pada pertandingan terakhir Grup H di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa 29 Agustus 2023 malam.

Bertanding dengan Latvia, ini merupakan kemenangan ketiga Kanada setelah sebelumnya membungkam Prancis dan Lebanon. Sementara bagi Latvia, ini menjadi kekalahan pertama di Grup H. Walau kalah, Latvia tetap mendampingi Kanada sebagai wakil Grup H pada babak kedua grup (Grup L).

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka Kelas 2 Halaman 18-19: My Father Likes Watermelon!

Di Grup L nanti, Kanada dan Latvia tinggal menghadapi dua wakil Grup G. Hasil dari grup masing-masing, ditambah dua game di Grup L, akan dijumlahkan untuk menentukan dua tim yang berhak lolos ke perempat final di Manila, Filipina. Latvia mengejutkan Kanada pada kuarter pertama. Lima tembakan tiga angka yang masuk membawa tim asuhan Luca Banchi memimpin 23-12 pada akhir kuarter pertama.

Ubah strategi, Kanada cepat membuat penyesuaian, terutama dalam defense untuk membatasi tripoin Latvia. Shay Gilgeous-Alexander memimpin rekan-rekannya dengan meraih bola rebound, melakukan steal, membuat assist, dan mencetak enam poin untuk membawa Kanada berbalik unggul 43-42.

Kuarter ketiga, Kanada bermain makin nyaman. Sebaliknya, Latvia semakin sulit untuk mendapatkan poin seperti kuarter awal. Jalur-jalu operan mereka saat menyerang ditutup dengan baik oleh Kanada. Saat mendapatkan kesempatan menembak, bola tak lagi melesak mulus ke dalam keranjang. Delapan tembakan tiga angka yang dilepaskan pada kuarter ini tak satu pun menemui sasaran. Latvia makin tertinggal 57-67.

Baca Juga: Meski Kalah Lebanon Persulit Langkah Prancis di Laga Akhir Grup H FIBA World Cup

Situasi tak berubah di kuarter empat. Latvia hanya bisa memasukkan 18 poin dan kemasukan 34 angka sehingga menyerah 75-101.

Shai menjadi pemain terbaik lewat 27 poin 6 rebound, 6 assist, dan 2 steal untuk Kanada. RJ Barret menyumbang 22 poin dan 5 rebound. Kelly Olynyk mengemas 15 angka, 6 rebound, dan 4 assist, sementara Nickeil Alexander-Walker mencetak 14 poin, 5 rebound, dan 2 assist.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: FIBA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x