Inilah Profil Tuan Rumah Asian Games 20 pada 2026 di Jepang tetapi Bukan di Tokyo

- 8 Oktober 2023, 13:04 WIB
Lambang Asian Games 20 tahun 2026
Lambang Asian Games 20 tahun 2026 /Brave/NOCs

BANJARNEGARAKU.COM - Asian Games 19 di Hangzhou akan ditutup Minggu malam 8 Oktober 2023. Asian Games 20 akan digelar pada September - Oktober tahun 2026. Negara Jepang terpilih sebagai tuan rumah, tapi Asian Games 20 tidak diselenggarakan di Tokyo. Sama seperti Asian Games 19 tidak dilaksanakan di Beijing ibukota RRT. 

Pesta penutupan Asian Games 19 sudah disiapkan oleh panitia. Ucapan perpisahan pada upacara penutupan biasanya akan disertakan kalimat "sampai jumpa di (negara / lokasi) Asian games berikutnya". 

Tuan rumah Asian games 20 yang direncanakan diselenggarakan pada tahun 2026 sudah disepakati di sesi sidang umum tahunan Dewan Olimpiade Asia (OCA) di Danang, Vietnam, pada 25 September 2016. Dilansir dari laman firstpost, OCA awalnya merencanakan untuk memilih kota tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2026 pada tahun 2018, tetapi memajukan tanggal perencanaannya karena intensitas kalender olahraga di kawasan ini, termasuk tiga Olimpiade berikutnya antara 2018 dan 2022.

Baca Juga: TPA Jatibarang Semarang Membara

Ada 33 lokasi termasuk beberapa stadion diusulkan digunakan pada Asian Games 20 nanti. Sebagai stadion utama adalah Stadion Paloma Mizuho. Pembukaan dan penutupan Asian Games 20 akan dilaksanakan di stadion ini. 

Seperti diungkap di awal, Negara Jepang terpilih sebagai negara tuan rumah Asian Games 20 yang akan digelar pada 2026. Komite Olimpiade Jepang (JOC) memilih kota Nagoya dan Prefektur Aichi, bukan Tokyo sebagai tempat gelaran Asian Games. Persiapan sarana dan prasarana sarana sudah mulai dibuat. Pada laman insidethegames menyebut kota Nagoya dan perfektur Aichi adalah lokasi bersama penyelenggaraan Asian Games 20. 

Pemerintah Prefektur Aichi telah memberi perhitungan kepada Nagoya bahwa total biaya diperkirakan mencapai sekitar ¥85 miliar. Dari jumlah tersebut, ¥25 miliar diharapkan dapat ditutupi oleh sponsor dan pendapatan lainnya. Prefektur Aichi diperkirakan akan membiayai dua pertiga dan kota Nagoya sisanya.

Baca Juga: 5 Gunung Tertinggi di Kabupaten Banjarnegara, Tingginya Hampir 3 Km

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x