Lima Prinsip dan Syarat Kalender Islam Global, Salah Satunya Penerimaan Garis Tanggal Internasional

22 Juni 2022, 06:51 WIB
Ilustrasi - Lima Prinsip dan Syarat Kalender Islam Global, Salah Satunya Penerimaan Garis Tanggal Internasional /Unsplash

BANJARNEGARAKU - Fenomena penetapan Iduladha, Idulfitri, hingga penetapan 1 Ramadan di Indonesia untuk umat muslim dihadapkan pada perbedaan hari besar Islam tersebut.

Adanya perbedaan penetapan hari-hari di atas, maka umat Islam bisa menggunkan kalender Islam Global yang berlaku di seluruh dunia dan tidak memiliki hari ganda.

Jika 11 Muharram di suatu tempat jatuh pada hari Ahad, maka di bagian dunia lain mana pun tanggal 11 Muharram juga jatuh pada hari Ahad, sehingga tidak terjadi dualisme.

Baca Juga: Hari Pasaran Jawa, Weton atau Neptu, Ini Kata Suhu Padepokan Carang Seket

Kalender Islam Global adalah kalender yang berdasarkan prinsip bahwa hari dan tanggal selaras di seluruh dunia,

Artinya sama dengan fungsi kalender Masehi, satu hari dalam satu pekan ditandai dengan satu tanggal.

Garis Tanggal Internasional sendiri merupakan garis demarkasi khayal di permukaan bumi yang membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan dan membatasi perubahan satu hari kalender ke hari lain yang berikutnya.

Baca Juga: Perkuat Mitigasi Penanganan KLB Bencana dan Krisis Kesehatan, Berikut Langkah Dinas Kesehatan Banjarnegara

Lima prinsip dan syarat kalender islam global, salah satunya penerimaan garis tanggal internasional yang dilansir banjarnegaraku.com dari laman muhammadiyah.or.id.

Tema ukhuwah (persatuan) senantiasa digagas oleh umat Islam. Namun, topik ini seringkali tersandung oleh perbedaan mazhab, baik mazhab fikih maupun teologi.

Untuk hal yang lebih umum seperti penanggalan kalender, umat Islam juga belum bersatu.

Baca Juga: Catat! Fenomena Langka 5 Planet Sejajar, Kapan Waktunya

14 abad pasca Khalifah Umar ibn Khattab Ra menetapkan penanggalan Hijriyah, umat Islam masih belum sepakat terhadap penggunaan satu kalender bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Akibatnya, setiap tahun umat muslim dihadapkan pada perbedaan hari besar Islam baik itu Iduladha, Idulfitri, hingga penetapan 1 Ramadan.

Guna mengurai perbedaan ini, Muhammadiyah bergerak mensosialisasikan penggunaan Kalender Islam Global sejak Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar tahun 2015.

Baca Juga: Catat! Fenomena Langka 5 Planet Sejajar, Kapan Waktunya

Bagi Muhammadiyah, menggagas persatuan lewat Kalender Islam Global adalah hal yang urgen, sebab dengan dipakainya kalender ini, maka umat Islam tidak lagi menemui perbedaan hari-hari di atas.

Prinsip dan Syarat Kalender Islam Global

Kalender Islam Global adalah kalender Hijriah dengan prinsip pemberlakuan satu hari sebagai satu tanggal di seluruh dunia.

Baca Juga: Pahami! Ketika Hari Raya Idul Adha, Ada Amalan Sunnah Rasulullah, Simak Selengkapnya

Dasar penetapan kalender Islam global adalah perhitungan kemungkinan dilihatnya hilal atau bulan sabit awal bulan hijriyah di mana saja di dunia dalam satu hari yang sama.

Artinya seperti fungsi kalender Masehi, kalender ini berlaku di seluruh dunia dan tidak memiliki hari ganda.

Misalkan tanggal 11 Muharram di suatu tempat jatuh pada hari Ahad, maka di bagian dunia lain mana pun tanggal 11 Muharram juga jatuh pada hari Ahad. Tidak ada dualisme hari-hari besar Islam.

Baca Juga: 4 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Menyebelih Hewan Kurban, Berikut Ustadz Adi Hidayat Menjelaskan

Terkait prinsip yang melandasi Kalender Islam Global, ada sekian syarat yaitu :

Pertama, Penerimaan Hisab

Karena kalender adalah sebuah sistem penanggalan yang menentukan periode waktu secara jauh ke depan, maka sama dengan sistem kalender lainnya.

Kalender Islam Global meniscayakan penggunaan sistem hisab (hitungan) dan bukan sistem tradisional berupa rukyat (pengamatan mata telanjang).

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Tantangan Harian Shopee Tebak Kata dengan Huruf Dasar AUSTRIA, Salah Satunya SUTRA

Sulitnya penerimaan umat kepada Kalender Islam Global disebabkan oleh minimnya pemahaman terhadap sistem hisab.

Kebanyakan kaum muslimin menganggap bahwa menentukan tanggal melalui metode rukyat adalah yang Islami karena sesuai sunnah Nabi Muhammad Saw, sedangkan metode hisab tidak Islami karena tidak pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw.

Ulama Muhammadiyah, Allahuyarham Kiai Yunahar Ilyas pernah menyinggung soal ini.

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara! Wanita Wajib Bisa Periksa Payudara Sendiri, Ini Langkahnya

Menurutnya, Nabi tidak melakukan hisab karena pada masa itu teknologi atau ilmu kalender (hisab) belum dipahami oleh masyarakat Arab sehingga Nabi Muhammad menggunakan metode rukyat.

Sedangkan pada masa ini ketika ilmu pengetahuan telah mudah diakses dan semakin canggih, maka penggunaan metode hisab sebagai dasar menentukan tanggal Hijriyah semakin niscaya daripada tetap mempertahankan cara tradisional yang akurasinya lebih lemah.

Baca Juga: Mantap! SMAN 1 Sigaluh Raih Sembilan Kejuaraan dalam Dipayudha Pencak Silat Championship 2022

Secara fikih, peralihan metode dari rukyat ke hisab ini juga dibenarkan lewat kaidah ushul yang artinya,

“berubahnya fatwa dengan sebab berubahnya masa, tempat, keadaan (niat) dan adat kebiasaan.”

Kedua, Transfer Imkan Rukyat

Imkan rukyat merupakan sebuah teori yang mensyaratkan parameter tertentu agar bisa dianggap hilal memungkinkan untuk dilihat atau diamati setelah matahari terbenam.

Sederhananya, imkan rukyat adalah kemungkinan mata telanjang untuk menyaksikan hilal.

Baca Juga: Tahapan Pemilu 2024, Berikut Tahapan dan Jadwal Pemilihan Umum 2024, Simak Selengkapnya

Karena setiap tempat memiliki perbedaan derajat dan elongasi peredaran benda-benda langit, maka sejatinya imkan rukyat bersifat lokal dan tidak universal atau meliputi seluruh kawasan dunia.

Pasalnya, imkan rukyat saat visibilitas pertama hanya meliputi sebagian muka bumi saja.

Di saat suatu bagian dunia sudah imkan rukyat, daerah lain belum mengalaminya, bahkan di tempat itu bulan masih di bawah ufuk.

Keadaan inilah yang menghendaki adanya prinsip transfer imkan rukyat.

Baca Juga: Mengangkat Kearifan Lokal Nyadran Desa dengan 'Tradisi Tenongan', Ini Selengkapnya

Oleh sebab itu, maka transfer imkanu rukyat dari daerah yang telah mengalami imkan rukyat diperlukan pada kawasan yang belum mengalaminya atau mustahil mengalaminya.

Dan proses transfer ini pun tidak bisa dilakukan terbalik. Kawasan yang sudah imkan rukyat dilarang menunggu kawasan yang belum imkan rukyat karena melanggar perintah Nabi Saw yang artinya, “Berpuasalah kamu ketika melihat hilal…”.

Sebagai contoh seperti pada kasus transfer imkan rukyat di atas, jika hilal sudah terlihat di bumi bagian barat atau Kota Istanbul misalnya.

Baca Juga: Dipayudha Pencak Silat PSHT Championship, Pesilat SMAN 1 Sigaluh Raih Sembilan Juara

Maka kawasan timur yang belum melihat hilal karena kemustahilan alamiah seperti Jakarta diharuskan untuk mengikuti hasil rukyat Istanbul dan bukan malah menunda penentuan tanggal Hijriyah sampai hilal benar-benar terlihat di kota Jakarta.

Ketiga, Kesatuan Matlak

Prinsip Kesatuan Matlak (daerah tempat terbit matahari, terbit fajar, atau terbit bulan) merupakan konsekuensi dari prinsip transfer imkan rukyat yang berarti bahwa seluruh muka bumi dipandang sebagai satu matlak.

Baca Juga: Hitungan Dasar Hukum Alam Sri, Lungguh, Dunya, Lara, Pati, Begini Selengkapnya

Karenanya, apabila di suatu tempat di mana pun di muka bumi telah terjadi imkan rukyat, maka hal itu dipandang berlaku juga bagi seluruh kawasan muka bumi karena seluruh muka bumi adalah satu kesatuan matlak.

Keempat, Penerimaan Hari Konvensional atau Keselarasan Hari dan Tanggal

Penerimaan hari konvensional yang dimaksud di sini adalah kesepakatan terkait pergantian hari.

Jika biasanya pergantian hari di kalender Hijriyah ditandai dengan terbenamnya matahari, maka mengikut pada metode konvensional, pergantian hari ditandai dengan ukuran waktu yaitu pukul 24.00 atau 00.00.

Baca Juga: Gerak Cepat! KPU Banjarnegara Sosialisasikan Tahapan Pemilu ke Parpol, Begini Selengkapnya

Kelima, Penerimaan Garis Tanggal Internasional

Kalender Islam Global adalah kalender yang berdasarkan prinsip bahwa hari dan tanggal selaras di seluruh dunia, artinya sama dengan fungsi kalender Masehi, satu hari dalam satu pekan ditandai dengan satu tanggal.

Jika 11 Muharram di suatu tempat jatuh pada hari Ahad, maka di bagian dunia lain mana pun tanggal 11 Muharram juga jatuh pada hari Ahad.

Tidak ada dualisme atau perbedaan hari-hari Hijriyah antara satu negara dengan negara lainnya.

Baca Juga: Tahapan Pemilu 2024, Berikut Tahapan dan Jadwal Pemilihan Umum 2024, Simak Selengkapnya

Garis Tanggal Internasional sendiri merupakan garis demarkasi khayal di permukaan bumi yang membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan dan membatasi perubahan satu hari kalender ke hari lain yang berikutnya.

Garis ini melewati tengah Samudra Pasifik, mengikuti garis bujur 180 derajat, garis ini yang menjadi batas awal hari baru.

Kesimpulannya, Sebagai agama peradaban (dinul hadharah) dan agama ilmu (iqra’), maka Islam menurut Ketua Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar menekankan umatnya untuk mengadopsi Kalender Islam Global.

Baca Juga: Tiga Rumah Warga di Desa Kalitengah Banjarnegara Alami Retak dan Amblas, Berikut Selengkapnya

Sebagaimana diisyaratkan melalui QS. 103: 1-3, QS. 9: 36-37, QS. 2: 189 dan berbagai ayat lainnya yang dikuatkan oleh Hadis Nabi Muhammad Saw.

Selama umat Islam belum memahami pentingnya penggunaan Kalender Islam Global, maka ide persatuan umat akan nampak mustahil diangkat sebab setiap tahun umat Islam tidak kompak dan akan mengulang terus perbedaan perayaan hari keagamaan dan hari-hari besar Islam.

Baca Juga: Nabi Muhammad saw Panutanku, Kunci Jawaban Ayo Berlatih PAI Kelas 3 SD MI Halaman 5

Di Indonesia, wacana penggunaan Kalender Islam Global juga masih terbatas akibat kurangnya pemahaman umat terhadap kontekstuasi dan dikotomisasi sains dan teks agama.

Hal inilah yang perlu menjadi perhatian Muhammadiyah untuk tidak berhenti melakukan sosialisasi dan literasi terkait kesahihan penggunaan Kalender Islam Global.***

 

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: muhammadiyah.or.id

Tags

Terkini

Terpopuler