Posisi Sandal Saat Sholat Idul Fitri Diletakkan Dimana Sebaiknya?

- 9 April 2024, 18:00 WIB
 Ilustrasi Sholat Idul Fitri
Ilustrasi Sholat Idul Fitri /Dwi Widiyastuti/

banjarnegaraku.com – Idul Fitri 2024 sudah diambang pintu. Pastinya semua muslim melaksanakan sholat Idul Fitri di lapangan sebagai syaratnya.

Saat sholat Idul Fitri tampak terlihat para jamaah meletakkan sandal masing-masing ada yang di depan tempat sholat dan ada yang di belakang.

Pengalaman ini banyak ditemui di mana saja. Pemandangan yang unik semua. Depan jemaah sholat menghadap beberapa sandal begitupun jemaah yang ada di belakangnya.

Benarkah seperti ini? Banyak yang belum memahami bahwa meletakkan sandal di depan kita sholat bukan adab ketika sholat di lapangan.

Baca Juga: Mengenal Filosofi Makanan Khas Lebaran, Ketupat Santan

Nabi mengajarkan bahwa jika kita sholat Idul Fitri sebaiknya kedua sandal dilepas, maka tidak boleh diletakkan di samping kanan, tapi letakkanlah di antara kedua kakinya. Hal yang demikianlah yang sesuai dengan perintah Nabi Muhammad saw.

Berkenaan dengan isyarat larangan meletakkan sandal di depan dan di sebelah kanan ketika salat, berdasarkan keumuman sabda Rasulullah, karena di sisi kanannya ada malaikat, dan di hadapannya Allah, menghadapkan Wajah-Nya.

hadist

Makna dari hadist tersebut sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Dwi Widiyastuti

Sumber: Sahabat Hijrah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah