Ada Apa dengan Setelah Ashar di Hari Jumat?

- 19 April 2024, 13:30 WIB
ilustrasi doa/ Ada Apa dengan Setelah Ashar di Hari Jumat?
ilustrasi doa/ Ada Apa dengan Setelah Ashar di Hari Jumat? /Pixabay/artadyagumelar/

BANJARNEGARAKU.COM - Hari Jumat merupakan hari yang selalu dinantikan umat Islam, terutama di waktu setelah Ashar. Ada apa dengan setelah ashar di hari Jumat?

Pada hari Jumat, banyak amalan utama yang dilakukan yaitu bersholawat kepada Nabi Muhammad Sholallahu 'alaihi wassalam dan bersedekah.

Selain itu, membaca surat Al-Kahfi juga dianjurkan dibaca pada malam Jumat hingga hari Jumat berakhir. Dengan membacanya, seseorang akan mendapatkan cahaya dari Jumat hingga Jumat berikutnya.

Selain itu, di hari Jumat ternyata waktu pendek yang mempunyai keistmewaan tersendiri yaitu waktu setelah terdapat Ashar. Apa keistimewaannya?

Baca Juga: Ustadz Khalid Basalamah: Peristiwa Utama Ini yang Menjadikan Jumat Begitu Istimewa

Baca Juga: Bercita-cita Masuk Surga, Pastikan Satu Hal Ini Ada pada Diri Kamu, Simak Penjelasan Gus Baha

Nabi Muhammad Sholallahu 'alaihi wassalam  bersabda pada sebuah hadist:

“Dua belas jam pada hari Jumat di antaranya terdapat waktu yang seorang hamba Muslim tidaklah meminta sesuatu kepada Allah pada waktu tersebut, kecuali Allah mengabulkan permintaannya. Maka carilah waktu tersebut di akhir waktu setelah Ashar.” (HR Abu Daud, al-Nasa'i, al-Hakim dan al-Baihaqi).

Dari hadist di atas, waktu setelah ashar di hari Jumat merupakan waktu dimana doa-doa kita lebih ampuh dan kemungkinan untuk dikabulkan lebih tinggi dari waktu lainnya.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah