Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2022, Penting Edukasi Tanda Penyakit Ginjal Kronik

- 10 Maret 2022, 20:02 WIB
Ilustrasi ginjal. (Istimewa)
Ilustrasi ginjal. (Istimewa) /

 

BANJARNEGARAKU - Penyakit ginjal kronik (PGK) masih terus menjadi salah satu momok penyakit paling mematikan di dunia.

Satu dari 10 orang di dunia tercatat menjadi pesakitan setelah dokter memvonis mereka telah masuk menjadi bagian dari pasien ginjal kronik (PGK).

Sayangnya sembilan dari 10 orang tersebut telat menyadari bahwa mereka sedang dalam bahaya.

Baca Juga: Ada Dosen UMP Buat Inovasi Alat Pembakar Sampah Rendah Polusi, Simak Beritanya

Ketua Umum Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) Tony Richard Samosir menjelaskan mereka yang tidak mengetahui telah mengalami gagal ginjal karena minimnya literasi dan edukasi tentang bahaya dan tanda-tanda terkena sakit ginjal.

"Hal ini tentu menjadi persoalan besar di dunia dan segera harus diselesaikan agar tidak semakin banyak yang jatuh sakit," katanya, dalam rilis yang diterima banjarnegaraku.com Kamis 10 Maret 2022.

Kini bertepatan dengan World Kidney Day (WKD) yang tahun ini jatuh pada Kamis 10 Maret 2022 dibutuhkan kerja nyata dan kolaborasi untuk memberikan edukasi kesehatan ginjal bagi masyarakat.

Baca Juga: LaNyalla Sebut Kurikulum Kebencanaan Harus Masuk Pelajaran Sekolah
Sebagaimana diketahui, PGK juga memiliki dampak pada kehidupan sosial seperti keterbatasan bekerja, bepergian, pendidikan, keuangan, diet yang terbatas, perubahan gaya hidup dan aktivitas sosial yang akan berakibat pada rendahnya kualitas kesehatan pasien karena merasa dirinya tidak berguna.

Untuk itu diperlukan upaya pendekatan komunikasi dan edukasi untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, membangun kekuatan strategi dan upaya mengelola stres sehingga berguna ketika mengalami kesulitan dan trauma saat memulai tindakan dialisis.

Halaman:

Editor: Nugroho Purbohandoyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x