Sampaikan Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Paksian dari Bangka Belitung

- 16 Agustus 2022, 11:21 WIB
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Paksian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menyampaikan pidato kenegaraan di Gedung DPR RI, Selasa 16 Juli 2022.
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Paksian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menyampaikan pidato kenegaraan di Gedung DPR RI, Selasa 16 Juli 2022. /tangkap layar Youtube DPR RI./

BANJARNEGARAKU.COM - Sampaikan pidato kenegaraan di Gedung DPR RI, pada Selasa 16 Agustus 2022, Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengenakan baju adat Paksian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Presiden Presiden Jokowi (Joko Widodo) kenakan baju berwarna hijau yang diketahui merupakan baju adat Paksian Bangka Belitung.

Sebelum menyampaikan pidato di Gedung DPR RI, Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengungkap makna dan filosofi dari baju adat Paksial asal Bangka Belitung yang dipakainya tersebut.

Baca Juga: Link Live Streaming Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 AGUSTUS 2022

Sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id, hadir sekitar pukul 09.30 di Gedung DPR RI, Presiden Jokowi terlihat memakai baju adat Paksian asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pakaian adat tersebut berwarna dominan hijau dan memiliki motif “pucuk rebung”.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa motif tersebut melambangkan kerukunan.

Sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Baca Juga: Dikukuhkan Presiden Jokowi, Ini Daftar 68 Nama Paskibraka yang Bertugas pada Upacara HUT ke-77 RI

“Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Paksian, dari Provinsi Bangka Belitung," ucap Jokowi, dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, Selasa 1 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x