900 Janda Baru di Palestina Akibat Konflik Israel Palestina Selama 2 Pekan

- 21 Oktober 2023, 18:48 WIB
Potret Wanita Gaza yang rumahnya hancur akibat serangan Israel.
Potret Wanita Gaza yang rumahnya hancur akibat serangan Israel. /Reuters/Suhaib Salem

BANJARNEGARAKU.COM - Akibat konflik Israel Palestina selama 2 pekan ini mengakibatkan setidaknya 900 janda baru di Gaza, seperti diungkapkan juru bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Jumat 20 Oktober 2023.

Diberitakan oleh Antara bahwa terdapat lebih dari 1 juta orang atau setengah populasi Gaza telah mengungsi diantaranya adalah 493 ribu wanita dan anak perempuan. Konflik selama 2 pekan itu juga mengakibatkan rusaknya infrastruktur secara siginifikan, setidaknya 5.262 bangunan rusak parah atau hancur.

Baca Juga: Tak Hanya Rumah Sakit, Gereja di Gaza Jadi Target Serangan Israel

Entitas PBB untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women) memperkirakan 900 wanita menjadi janda yang merupakan jumlah total wanita yang menjadi kepala rumah tangga pascakematian pasangannya. Hal itu diungkapkan oleh Farhan Haq, juru bicara Sekjen PBB, Antonio Guterres dalam studi yang dirilis UN Women.

Studi yang berjudul "UN Women Rapid Assesment and Humanitarian Response in the Occupied Palestinian Territory" itu juga mengungkapkan statistik itu berdasarkan perhitungan jumlah korban jiwa konfik yang dimuai 7/10 itu yang kini telah mencapai 3.785 korban tewas dan 12.500 orang terluka. 

UN women memperkirakan 1.487 pria menjadi korban tewas yang mengakibatkan 900 wanita menjadi janda serta 3.103 anak-anak kehilangan ayah mereka.

Baca Juga: Indonesia Kutuk Serangan Israel ke RS di Gaza, Jokowi: Pelanggaran Hukum Humaniter Internasional

Selain itu, UN Women menyebut laporan dari United Nation Fund for Population Activities (UNFPA) per 13 Oktober bahwa terdapat 540 ribu wanita usia subur di Gaza termasuk 500 ribu wanita hamil yang diantaranya akan melahirkan bulan depan yaitu 5.522 wanita hamil.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x