3 WNI Pilih Bertahan, Lanjutkan Tugas Relawan di Gaza

- 13 November 2023, 15:51 WIB
Fikri Rofiul Haq (kiri) salah satu dari tiga relawan Indonesia yang bertugas di Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Rumah sakit ini terlihat sebagai latar belakang pada masa damai di daerah kantong Palestina tersebut
Fikri Rofiul Haq (kiri) salah satu dari tiga relawan Indonesia yang bertugas di Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Rumah sakit ini terlihat sebagai latar belakang pada masa damai di daerah kantong Palestina tersebut /Foto dok. MER-C untuk Penggunaan Terbatas/

BANJARNEGARAKU.COM - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengonfirmasi bahwa hingga saat ini, tiga Warga Negara Indonesia (WNI) masih berada di Gaza, di tengah situasi konflik yang semakin memburuk antara Israel dan kelompok Hamas Palestina pada Minggu 12 November 2023.

Ketiga WNI tersebut merupakan relawan di Rumah Sakit Indonesia, yakni Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi, yang memilih untuk tetap melanjutkan tugas kemanusiaan mereka, meskipun tujuh WNI lainnya telah dievakuasi dari Gaza.

Melalui video pernyataan yang dikirimkan dari dalam pesawat kepresidenan saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Washington DC, AS, Menlu Retno menyatakan bahwa ketiga relawan tersebut masih memutuskan untuk tinggal di Gaza.

Kementerian Luar Negeri terus berkomunikasi dengan mereka, dan juga dengan perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka tetap baik.

Baca Juga: Satu Fasilitas Hancur, Usai Serangan Udara dan Kini Pasukan darat Israel Mendekat ke Rumah Sakit Al Shifa...

Sebelumnya, pada 3 November, Menlu Retno mengumumkan keberhasilan evakuasi empat WNI lainnya dari Gaza. Keluarga Abdillah Onim, yang terdiri dari ketiga anaknya yang juga WNI dan istrinya yang berkewarganegaraan Palestina, berhasil keluar melalui pintu Rafah yang berbatasan darat dengan Mesir.

Sementara tiga WNI lainnya, yaitu Muhammad Husein, kedua anaknya, dan istrinya yang warga Palestina, juga telah dievakuasi melalui perbatasan Rafah. Setelah keluar dari Gaza, Husein dan keluarganya dibawa ke Kairo dan selanjutnya dipulangkan ke Indonesia.***

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah