AHY Gantikan Risma Jadi Menteri Sosial, Yusril Gantikan Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM, Benarkah?

- 23 November 2023, 19:32 WIB
Viral di media sosial sebuah foto selebaran kertas yang memuat informasi reshuffle ke 7 Kabinet Indonesia Maju.
Viral di media sosial sebuah foto selebaran kertas yang memuat informasi reshuffle ke 7 Kabinet Indonesia Maju. /

BANJARNEGARAKU.COM - Berita tentang perombakan atau "reshuffle" kabinet yang beredar melalui foto dokumen dengan logo Kementerian Sekretariat Negara pada tanggal 22 November 2023 telah menjadi perbincangan hangat. Diantaranya, AHY menggantikan Risma menjadi Menteri Sosial, Yusril gantikan Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM. Lantas benarkah kabar tersebut?

Diberitakan Antara bahwa dalam foto yang beredar, terlihat dokumen yang dilengkapi dengan tanda tangan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dokumen tersebut mengungkapkan 13 menteri yang dikabarkan akan mengalami pergantian.

Baca Juga: Presiden FIFA Gianni Infantino Apresiasi Jokowi Bermain Bola di Papua: Sepak Bola untuk Semua Orang

Pihak Istana Kepresidenan dengan tegas membantah kebenaran informasi tersebut. Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan bahwa foto dokumen yang beredar adalah hoaks, menunjukkan adanya penyebaran informasi palsu yang perlu diwaspadai.

Mensesneg Pratikno menegaskan bahwa, sepengetahuannya, tidak ada rencana perombakan atau reshuffle kabinet seperti yang tercantum dalam dokumen tersebut.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, juga memberikan klarifikasi serupa dengan menyatakan bahwa foto dokumen tersebut adalah hoaks atau mengandung informasi yang tidak benar.

Ia mengimbau masyarakat untuk melakukan cek dan ricek serta tidak mudah percaya pada informasi dan berita-berita yang tidak berasal dari sumber resmi dan kredibel.

Baca Juga: KPU Banjarnegara Gandeng Wartawan dan Penggiat Media Sosial, Minimalisir Hoaks Pemilu 2024

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x