Debat Cawapres Pemilu 2024: Gibran Tampil Pertama Boleh Bawa Pulpen dan Kertas, Ini yang Tidak Boleh Dibawa

- 21 Desember 2023, 20:43 WIB
Debat Cawapres 2024 yang akan digelar Jumat 22 Desember 2023
Debat Cawapres 2024 yang akan digelar Jumat 22 Desember 2023 /YouTube/ KPU

BANJARNEGARAKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membolehkan kepada calon wakil presiden untuk membawa alat tulis berupa kertas dan pena ke podium saat debat Pilpres 2024. Gibran juga dijadwalkan tampil pada urutan pertama dalam penyampaian visi dan misi. Keputusan ini diumumkan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, dalam konferensi pers di Jakarta pada Kamis (21/12).

Diberitakan Antara bahwa menurut Hasyim, di podium debat, para calon wakil presiden diberi kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, berupa pulpen dan kertas. Namun, dia menegaskan bahwa alat bantu lainnya, seperti teleprompter dan komputer tablet, tidak diizinkan dibawa ke podium.

Baca Juga: Soal Jusuf Kalla Dukung AMIN, Grace Natalie: Makin Adem

Hasyim juga menjelaskan bahwa pada debat pertama, calon presiden tidak menggunakan alat bantu apa pun, bahkan tidak menggunakan podium. Semua calon presiden dalam kondisi sehat dan mampu berdiri dari awal hingga akhir sesi perdebatan.

Sebelumnya, pada 18 Desember, KPU RI menyetujui usulan dari tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk menyediakan podium pada debat capres-cawapres Pemilu 2024. Penambahan podium ini menjadi salah satu perbedaan antara debat kedua, yang melibatkan calon wakil presiden, dengan debat pertama calon presiden.

Dalam hal mekanisme debat, Hasyim mengonfirmasi bahwa KPU masih menggunakan format serupa dengan debat pertama pada 12 Desember 2023. Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, ditetapkan sebagai peserta pertama yang akan menyampaikan visi misi pada debat kedua di Balai Sidang Jakarta Convention Center pada 22 Desember.

Baca Juga: Fakta! Meskipun Ganjar Pranowo-Mahfud MD Tak Punya Ribuan Baliho, Strategi PDIP: Cukup KTP Sakti...

Hasyim menyebutkan bahwa pada debat kedua, calon wakil presiden nomor urut 2 akan memulai penyampaian visi misi, diikuti oleh calon wakil presiden nomor urut seterusnya pada debat-debat selanjutnya.

Durasi debat tetap sama seperti debat sebelumnya, yaitu 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit, terdiri dari enam segmen yang membuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja serta ditutup dengan pernyataan kesimpulan oleh masing-masing calon wakil presiden pada segmen keenam.***

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x