Mengapa Tanggal 22 Desember Diperingati sebagai Hari Ibu? Ternyata Begini Sejarahnya

- 22 Desember 2023, 08:02 WIB
Ilustrasi ibu dan anak dalam Mengapa Tanggal 22 Desember Diperingati sebagai Hari Ibu? Ternyata Begini Sejarahnya
Ilustrasi ibu dan anak dalam Mengapa Tanggal 22 Desember Diperingati sebagai Hari Ibu? Ternyata Begini Sejarahnya / Dok. PT PNM /

BANJARNEGARAKU.COM - Mengapa setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu? Ternyata tanggal 22 Desember mempunyai sejarah panjang sehingga dijadikan tanggal peringatan hari ibu.

Hari Ibu, yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, memiliki akar sejarah yang kuat dalam perjuangan perempuan Indonesia.

Sejarahnya dimulai pada Kongres Perempuan Indonesia pada tahun 1928, di mana para perempuan Indonesia bersatu untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, termasuk hak pilih dan kesetaraan dalam berbagai bidang.

Baca Juga: Ucapan Hari Ibu Nasional: Menunjukkan Cinta dan Penghargaan kepada Ibu di Tanggal 22 Desember

Pada akhir kongres tersebut, diputuskan untuk menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu sebagai penghargaan terhadap peran ibu dalam keluarga dan masyarakat.

Keputusan ini mencerminkan semangat pergerakan perempuan di berbagai belahan dunia pada awal abad ke-20 yang sedang berjuang untuk hak-hak perempuan, termasuk hak pilih.

Peringatan Hari Ibu tidak hanya menjadi momen untuk menghargai peran ibu sebagai pilar keluarga dan masyarakat tetapi juga sebagai panggilan untuk kesetaraan gender dan partisipasi aktif perempuan dalam pembangunan nasional.

Perjalanan waktu menjadikan Hari Ibu sebagai perayaan yang tidak hanya mengingatkan pada sejarah perjuangan perempuan di masa lampau, tetapi juga sebagai platform untuk mempromosikan kesadaran akan isu-isu perempuan.

Pada tahun 1935, Kongres Perempuan Indonesia II diselenggarakan di Jakarta, menghasilkan Badan Kongres Perempuan Indonesia.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah