MTDB Gempa Bumi Sumedang Berakhir, Tidak Diperpanjang Kata Pj Bupati

- 8 Januari 2024, 13:47 WIB
Pasien RSUD Sumedang dievakuasi imbas gempa pada Minggu, 31 Desember 2023. /Facebook/Wbr
Pasien RSUD Sumedang dievakuasi imbas gempa pada Minggu, 31 Desember 2023. /Facebook/Wbr /Brave/Pikiran-Rakyat

BANJARNEGARAKU.COM - Masa Tanggap Darurat Bencana (MTDB) Gempa Bumi Sumedang berakhir pada Minggu 7 Januari 2024. Gempa bumi Magnitudo M4,8 mengguncang daerah Sumedang, Jawa barat pada jam 20:34:24 WIB Minggu, 31 Desember 2023.

Gempa M4,8 ini berpusat di 1,5 kilometer timur Kota Sumedang, Jawa Barat, pada kedalaman 5 Km. Episenter gempa terletak tepatnya pada koordinat 6,85 LS dan 107,94BT berlokasi di darat sekitar 2 Km timur laut kabupaten Sumedang. Gempa ini termasuk gempa dangkal dan dirasakan masyarakat banyak yang sedang bersiap menyambut tahun baru 2024. 

Baca Juga: Timses Prabowo-Gibran Hampiri Moderator saat Debat Capres: Ini Penilaian Negatif, KPU Buka Suara Begini...

Dilansir dari KabarSumedang, Penjabat Bupati Sumedang, Herman Suryatman memberi keterangan tentang MTDB. Hal ini dilakukan usai melaksanakan rapat evaluasi tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi, di ruang tengah Gedung Negara, Sabtu 6 Januari 2024 petang. Pj Bupati Herman menegaskan bahwa MTDB gempa di Sumedang sudah tidak perlu diperpanjang lagi, dikarenakan potensi gempa sudah mulai relatif menurun. 

MTDB gempa bumi di wilayah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat berakhir pada Minggu, 7 Desember 2024. Keputusan ini didasari atas laporan dari Kepala Pelaksana BPBD Sumedang dan Kepala BMKG Bandung, yang menyatakan bahwa saat ini situasi dan kondisi di Sumedang sudah relatif aman, dan harus segera mulai memasuki masa transisi.

"Sesuai laporan dari BPBD dan BMKG, saat ini perkembangan gempa di Kabupaten Sumedang sudah mulai relatif aman. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk tidak memperpanjang masa tanggap darurat bencana gempa di Sumedang," ujar Herman. 

Baca Juga: Program Prioritas Pj Bupati Banyumas Disampaikan saat Pimpin Apel Perdana 2024, Apa Saja?

Namun demikian, Herman tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana. Soalnya, pada musim hujan seperti ini, wilayah Kabupaten Sumedang, memang cukup rawan terjadi bencana. 

"Walaupun masa tanggap darurat bencana akan berakhir, tapi masyarakat harus tetap waspada," tutur Pj Bupati Sumedang. 

Halaman:

Editor: Aris BRAVE

Sumber: Pikiran Rakyat Sumedang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x