Hati-hati! Tradisi Pulang Kampung Mudik Lebaran 2024 Bakal Berpotensi Diguyur Hujan

- 14 Maret 2024, 23:48 WIB
Sirkulasi Siklonik. Hati-hati! Tradisi Pulang Kampung Mudik Lebaran 2024 Bakal Berpotensi Diguyur Hujan
Sirkulasi Siklonik. Hati-hati! Tradisi Pulang Kampung Mudik Lebaran 2024 Bakal Berpotensi Diguyur Hujan /Pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Momen Lebaran 2024 kali ini pemudik musti berhati-hati, pasalnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi momen mudik Lebaran 2024 akan diguyur hujan. Bahkan, pada periode Maret-April 2024, potensi kuat terjadi curah hujan ekstrem.

Padahal, Hari Raya Idul Fitri 2024 akan jatuh pada 10-11 April 2024. Sedangkan cuti bersama Idul Fitri 2024 ditetapkan selama empat hari, yakni 8, 9, 12, dan 15 April 2024.

Baca Juga: Bencana Hidrometeorologi Kian Meresahkan, Inilah 16 Daerah Berpotensi Terdampak, BMKG: Warga Waspada!

"Pertama, harus sadari ada sedikit perpanjangan dari musim hujan yang kita kira puncaknya sudah berakhir di bulan Februari," ucap Pakar Klimatologi BRIN, Erma Yulihastin pada Kamis 14 Maret 2024.

"Akan tetapi, ketika masuk bulan Maret dan April masih ada potensi curah hujan meningkat bahkan ekstrem," ujarnya menambahkan.

Bahkan, menurut Erma Yulihastin, Indonesia pada periode 18 Maret 2024 akan mengalami kondisi cuaca tidak baik. Pada periode tersebut, Indonesia akan terkena gangguan cuaca Siklonik.

Baca Juga: Ini 15 Contoh Soal OSN IPA SD MI dengan Kunci Jawaban Terbaru Sukses Tingkat Kabupaten 2024

"Gangguan Siklonik sudah jelas di Perairan Selatan Jawa. Sekarang, bahkan terbentuk dua lagi yang ada di bagian timur di selatannya Nusa Tenggara," katanya.

Dijelaskan Erma Yulihastin, gangguan Siklonik ini terjadi akibat pertemuan gelombang-gelombang di atmosfer. Di satu sisi, pertemuan gelombang-gelombang di atmosfer inilah yang akan berperan untuk menahan gangguan Siklonik.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x