Cara Pemudik Banjarnegara Hadapi Ganjil Genap Mudik Lebaran 2024, Meski Tetap Disanksi, Ini Solusinya....

- 6 April 2024, 22:39 WIB
Ilustrasi. ganjil genap di tol.Cara Pemudik Banjarnegara Hadapi Ganjil Genap Mudik Lebaran 2024, Meski Tetap Disanksi, Ini Solusinya....
Ilustrasi. ganjil genap di tol.Cara Pemudik Banjarnegara Hadapi Ganjil Genap Mudik Lebaran 2024, Meski Tetap Disanksi, Ini Solusinya.... /google maps/

BANJARNEGARAKU.COM - Memasuki masa liburan Lebaran, masyarakat di Indonesia mulai memasuki puncak arus mudik Lebaran 2024 pada Sabtu 6 April 2024. Lebih dari setengah masyarakat Tanah Air diprediksi akan pulang ke kampung halamannya pada saat momen Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kemenhub memperkirakan dari 275,5 juta penduduk Indonesia, ada sebanyak 193 juta orang bakal mudik Lebaran 2024. Kepadatan arus lalu lintas pun tak terhindarkan, hingga petugas memberlakukan sejumlah kebijakan.

Baca Juga: Kualitas Lebih dari Kuantitas, Begini Tips Ampuh Meraih Malam Lailatul Qadar dari Gus Baha

Dan pada saat mudik Lebaran, para pemudik akan menghangdapi aturan yang berlaku di jalan Tol, salah satunya adalah pemberlakuan ganjil genap selama masa mudik Lebaran 2024.

Dikutip banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com, sistem tersebut diberlakukan di sejumlah jalan tol, terutama di Jakarta. Meski menghadapi ganjil genap, masyarakat ternyata memiliki siasat tersendiri.

Sebagai contohnya, seperti yang dilakukan pemudik asal Jakarta, Iwayan Marsa (37). Dia akan berangkat ke kampung halaman istrinya di Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Jumat 5 April 2024 malam menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Acara Mudik Seru di Banjarnegara, Suapi Harimau dan Gajah di Mbah Selamanik

Ini beralasan, pasalnya dia mengaku memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi karena biayanya lebih irit dibanding harus membeli tiket kereta untuk satu keluarga. Selain itu, lokasi kampung halamannya juga berada di wilayah pegunungan di perbatasan Dieng-Banjarnegara yang tidak terjangkau angkutan umum.

Cara mengatasi Ganjil Genap di Jalan tol

Dikisahkan, Iwayan Marsa berangkat pada Jumat 5 April 2024 sekira pukul 21.00 WIB. Plat kendaraannya bernomor ganjil, sehingga dia hanya memiliki jeda waktu sekitar tiga jam untuk masuk ke wilayah tol.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah