Puluhan Warga Terpaksa Mengungsi, Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

- 7 April 2024, 08:15 WIB
Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi. Puluhan Warga Terpaksa Mengungsi, Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi
Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi. Puluhan Warga Terpaksa Mengungsi, Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi /ilustrasi/

BANJARNEGARAKU.COM - Diguncang oleh bencana banjir lahar dingin warga Desa Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, puluhan warga terpaksa harus diungsikan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kelompok Siaga Bencana (KSB) Bukit Batabuah, Kabupaten Agam, Edi Effendi, menyebutkan bahwa sebanyak 68 orang dari 78 kepala keluarga terpaksa mengungsi akibat banjir tersebut.

Baca Juga: Gerhana Matahari Total 8 April 2024, Apakah Indonesia akan Gelap Selama Tiga Hari?

"Meskipun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, namun sarana prasarana mengalami kerusakan cukup signifikan. Beberapa rumah warga hanyut terseret aliran lahar dingin, ditambah dengan kerusakan pada usaha-usaha kecil milik warga, hingga hanyutnya ternak seperti sapi dan kerusakan parah pada kolam ikan," ujar Edi sebagaimana dikutip dari ANTARA pada Sabtu, 6 April 2024.

Ditambahkan Edi, bahwa akses jalan juga terputus karena rusaknya jembatan akibat banjir tersebut. Salah satu penyebabnya adalah tertutupnya aliran air di jembatan yang berada di jalan alternatif Bukittinggi-Payakumbuh.

"Aliran air yang tertutup oleh material seperti pepohonan dan sampah dari puncak jembatan menjadi salah satu faktor utama banjir ini," ungkapnya. Kepala Desa Bukit Batabuah, Firdaus, menjelaskan bahwa delapan warga harus dievakuasi ke rumah sakit terdekat saat kejadian.

Baca Juga: Purbalingga Siap Layani Pemudik, Monitoring Kesiapan Lebaran, Ini Kata Bupati Tiwi....

"Kondisi mereka masih dalam pendataan dan total kerugian akibat bencana ini belum bisa dipastikan secara pasti," ucap Firdaus.

Dalam menangani kejadian darurat ini, Tim Gabungan yang terdiri dari BPBD, PMI, Basarnas, TNI-Polri, Pemuda Pancasila, KSB, dan dinas terkait Pemda Kabupaten Agam, telah mendirikan posko pengungsian sementara di sekolah dasar setempat.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: tangerangkota.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x