Irak Usir Duta Besar Swedia terkait Insiden Rencana Bakar Alquran

- 21 Juli 2023, 08:55 WIB
Pengunjuk rasa di Swedia menghancurkan sebagian buku yang mereka katakan adalah Alquran dan akan dibakar. Namun akhirnya buku-buku itu dibiarkan tanpa membakarnya.
Pengunjuk rasa di Swedia menghancurkan sebagian buku yang mereka katakan adalah Alquran dan akan dibakar. Namun akhirnya buku-buku itu dibiarkan tanpa membakarnya. /Tangkapan layar video/Reuters/

 

BANJARNEGARAKU.COM - Irak mengusir duta besar Swedia pada Kamis 20 Juli 2023 sebagai protes atas insiden pengunjuk rasa menista Alquran di Stockholm, Swedia.

Insiden itu telah mendorong ratusan pengunjuk rasa menyerbu dan membakar kedutaan Swedia di Baghdad, Irak, Kamis 20 Juli 2023.

Sebuah pernyataan pemerintah Irak mengatakan Baghdad juga menarik kembali kuasa usahanya di Swedia, dan kantor berita negara Irak melaporkan bahwa Irak telah menangguhkan izin kerja Ericsson Swedia di tanah Irak.

Baca Juga: Kelompok Hacker Korea Utara Bobol Perusahaan Teknologi AS untuk Mencuri Crypto

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Reuters, pengunjuk rasa anti-Islam, salah satunya adalah seorang imigran Irak ke Swedia yang membakar Alquran di luar masjid Stockholm pada bulan Juni lalu, telah mengajukan permohonan dan mendapat izin dari polisi Swedia untuk membakar Alquran di luar kedutaan Irak pada Kamis 20 Juli 2023.

Dalam peristiwa itu, pengunjuk rasa menendang dan akan membakar buku-buku yang mereka katakan adalah Alquran. Namun kemudian mereka meninggalkan area tersebut setelah satu jam tanpa membakarnya.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom mengatakan staf di kedutaan Swedia di Baghdad aman tetapi otoritas Irak telah gagal dalam tanggung jawab mereka untuk melindungi kedutaan.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x