Mengenal Mycoplasma Pneumoniae Bakteri Penyebab Penyakit Baru yang Meresahkan, Pandemi Lagi?

- 6 Desember 2023, 19:10 WIB
Ilustrasi. Simak penjelasan lengkap soal PPOP, penyakit paru-paru kronis, lengkap dengan gejala hingga cara mengatasinya.
Ilustrasi. Simak penjelasan lengkap soal PPOP, penyakit paru-paru kronis, lengkap dengan gejala hingga cara mengatasinya. /Unsplash/Towfiqu barbhuiya

BANJARNEGARAKU.COM - Baru-baru ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan munculnya penyakit baru yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma Pneumoniae. Kini, bakteri tersebut telah sampai ke Indonesia, menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Akankan penyakit ini menjadi pandemi seperti covid-19?

Mycoplasma Pneumoniae adalah jenis bakteri patogen yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan manusia.  Awalnya, bakteri ini diduga menjadi pemicu penyakit yang sedang mewabah di China.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi oleh Ibu Hamil

Dibandingkan dengan bakteri lain yang memiliki dinding sel, Mycoplasma Pneumoniae memiliki sifat unik karena tidak memiliki dinding sel yang kaku, menjadikannya lebih kecil dan lebih fleksibel.

Kekurangan dinding sel ini memberikan bakteri Mycoplasma Pneumoniae kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang beragam.

Bakteri Mycoplasma Pneumoniae diketahui menyerang terutama anak-anak, menyebabkan peningkatan kasus pneumonia atau sesak nafas pada anak di China.

Hal ini telah menciptakan kekhawatiran di Indonesia, dan masyarakat perlu memahami gejala dan penyebab penyakit ini.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Asam Folat, Peran Penting Asam Folat, dan Dampak Kekurangan Asam Folat

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Sragenupdate.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah