Pelaksanaan Debat Capres Perdana pada Selasa Malam Dievaluasi, Ini Poinnya

- 13 Desember 2023, 09:31 WIB
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU /Galih Pradipta

BANJARNEGARAKU.COM - Pada Selasa malam 12 Desember 2023 yang lalu, debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dilaksanakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta. Terdapat evaluasi dalam pelaksanaan debat capres tersebut, ini dia poinnya.

Dilaporkan Antara bahwa pada pelaksanaan debat ini tidak berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan, seperti yang diungkapkan oleh Ketua KPU, Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: Simak Susunan Acara Debat Capres Malam Ini, Terbagi dalam 6 Segmen, Apa sajakah Itu? Simak Berikut Ini...

Hasyim menyampaikan bahwa debat yang seharusnya dimulai pukul 19.00 WIB terpaksa dimulai pada pukul 19.20 WIB. Keterlambatan tersebut disebabkan oleh penyesuaian tamu undangan yang hadir langsung, yang jumlahnya cukup banyak.

Menanggapi keterlambatan tersebut, Hasyim menyatakan bahwa penyesuaian memang diperlukan mengingat banyaknya orang yang hadir. Meski begitu, hal ini tetap menjadi poin yang perlu dievaluasi untuk memastikan kelancaran pelaksanaan debat-debat berikutnya.

Hasyim juga memberikan respons terhadap permintaan Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3, yang menginginkan penambahan sesi tanya jawab.

Meskipun mayoritas debat difokuskan pada tanya jawab, Hasyim menjelaskan bahwa ada perbedaan dalam segmen 2, 3, 4, dan 5 dari enam segmen debat, di mana keempat segmen tersebut dapat dianggap sebagai sesi tanya jawab penuh.

Baca Juga: Malam Ini Figur Pemimpin akan Terlihat, Telah Ditentukan KPU, Inilah Rincian 5 Tema Debat Capres-Cawapres

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x